Iklan

Iklan

Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi

Yuharriska
11/17/20, 07:51 WIB Last Updated 2020-11-17T00:53:18Z

 


WASATHA.COM-Umat Islam dianjurkan untuk senantiasa mengikuti Sunnah Rasulullah sebagai pedoman hidup sehari-hari. Bahkan aktivitas sederhana seperti menggosok gigi pun, Nabi Muhammad SAW telah memberikan teladan yakni dengan menggunakan siwak. Menariknya, ternyata pembersih mulut dan gigi yang telah ada sejak zaman nabi dahulu dan terbuat dari ranting atau akar pohon Salvadora persica itu memang memiliki beragam manfaat yang beragam bagi kesehatan gigi.  


Melakukan Pencegahan untuk Gigi Berlubang


Tahukah kamu jika gigi berlubang itu disebabkan saat enamel gigi mengalami kerusakan? Nah, ini terjadi karena keberadaan bakteri berlebihan dalam mulut yang bersumber dari pati dan gula dari sisa makanan. Siwak memiliki kandungan sodium bicarbonate dan juga silica yang memiliki kemampuan luar biasa untuk membersihkan sisa makanan dalam mulut dan juga sela-sela gigi. Tak hanya itu, siwak juga mempunyai kandungan fluoride yang dapat mencegah kerusakan gigi. 


Mencegah Bau Mulut


Bau mulut bisa jadi disebabkan karena kekurangan air liur, sisa makanan yang masih berada di dalam mulut, atau adanya masalah pada gusi dan gigi. Siwak ternyata juga memiliki manfaat untuk mencegah bau mulut karena memiliki volatile oils yang berfungsi untuk menyeimbangkan produksi air liur sekaligus menjaga kesegaran mulut. Selain itu, siwak juga mempunyai sifat antibakteri alami yang efektif untuk mencegah bau mulut.


Melindungi Gusi


Bakteri juga dapat mengakibatkan gusi bengkak dan berdarah. Penting diketahui juga jika di dalam siwak terdapat kandungan tannic acid dan juga trimethyamine yang memiliki fungsi untuk mencegah munculnya masalah pada gusi sekaligus menyehatkannya.


Mengurangi Plak dan Kerak Gigi


Lagi-lagi disebabkan oleh bakteri di dalam mulut, plak dapat muncul dan menumpuk pada gigi. Akibatnya kemudian adalah terbentuknya karang gigi yang biasanya membuat gigi berwarna kekuning-kuningan. Nah untuk mengatasinya, Sahabat Dream bisa menggunakan siwak yang mempunyai kandungan antibakteri sebagai pencegahan terhadap berkembangbiaknya bakteri di dalam mulut.


Kabar gembiranya, segala kebaikan siwak di atas bisa didapatkan dari Pepsodent Siwak. Ini dia pasta gigi halal baru yang memiliki kandungan Siwak dan Mint dengan kebaikan bahan-bahan alami yang membantu merawat kekuatan gigi dan menyegarkan nafas. Siap memberikanmu kebersihan dari luar dan dalam.[Sumber Dream.co.id]




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi

Terkini

Topik Populer

Iklan