Iklan

Iklan

Group Musik Keubitbit Asal Aceh Masuk Nominasi AMI Awards 2020

10/23/20, 06:23 WIB Last Updated 2020-10-22T23:23:01Z

 


WASATHA.COM, Jakarta  - Kelompok Musik asal Aceh Keubibit yang konsisten menggarap musik Etnic Aceh berhasil menembus nominasi Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2020. Lagu yang digarap lebih pada musik etnik moderen berjudul Saban Sabee karya Rafly Kande itu, masuk di Kriteria "World Music", sebuah genre bergengsi di dunia musik.Hal ini disampaikan oleh Pimpinan Keubibit, Safrullah atau biasa disapa Alul. Rabu (21/10/2020).

 

"Alhamdulillan Keubitbit masuk dominasi AMI Award 2020," kata Aloel ketika dihubungi di Jakarta. 

 

Putra Sulung penyanyi Aceh Rafly yang saat ini sedang mendalami musik di Jakarta itu termasuk aktif melahirkan garapan Eknik moderen, bahkan bersama Groupnya pernah tampil di panggung Jazz bergengsi "Java Jazz". Aloel sendiri adalah pembetot bass yang sekaligus vocalis utama di Group Keubitbit dengan personil kelompok, Alul (Bass), Indra Fha (Percusi, Drum), Indra Maulana (Rapa'i), Raden Trio Ananda (Seurune dan Saxopon), Teuku Hariansyah (Rapa'i), dan Manda Primana (Keyboard).

 


 

Karya karya keubitbit banyak mengangkat pesan sosial, budaya dan masalah masalah dari berbagai aspek. Group Keubitbit sendiri berdiri tahun 2014, tiga tahun setelah Alul hijrah dan menetap di Jakarta.

 

"Alul bersyukur ya Allah, karena Ini kali pertama dalam sejarah musik Aceh masuk nominasi AMI Award," lanjut Alul.

 

Lagu Saban Sabe merupakan lagu Ciptaan Rafly yang populer bersama album Aceh "KanDe". Namun, lagu tersebut kemudian di arangemen ulang secara kotemporer oleh kelompok musik Keubitbit. Pesan yang dapat ditangkap dari lagu Saban Sabee mengkisahkan bentuk persatuan, bahwa semua pekerjaan dapat diselasikan bila dilakukan bersama.

 

“Kini Lagu tersebut sudah bisa di nikmati langsung melalui itunes, spotify, joox, dan video clip Saban Sabe sudah bisa di akses melalui youtube Keubitbit (keubitbit Saban Sabee),” tambahnya.

 


 

AMI Awards merupakan ajang penghargaan tertinggi untuk industri musik di Indonesia yang diberikan Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI). Pada AMI Awards 2020, Ada 53 Kategori dan 2 Penghargaan Khusus, namun belum ada kabar pengumuman untuk pemenang, karena situasi covid-19 pengumuman kemungkinan dilakukan secara virtual, Keubitbit dapat membuka sejaran baru di ajang penghargaan industri musik tersebut.

 

Adapun nominasi AMI Awards untuk kriteria World Music adalah kelompok musik Anuhyang - Hade Hate, Gus Teja - Onfire, Keubitbit - Saban Sabe, Samba Sunda - Kukupu, dan Wofton - Pedestrian Paddy. [ ]

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Group Musik Keubitbit Asal Aceh Masuk Nominasi AMI Awards 2020

Terkini

Topik Populer

Iklan