Iklan

Iklan

PSGA UIN Ar-Raniry Berikan Penghargaan Gender Champion

7/01/20, 18:26 WIB Last Updated 2020-07-04T12:00:50Z

WASATHA.COM, Banda Aceh - Dalam rangka memeriahkan hari jadi Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh menggelar Halai bi Halal dan pemberian (penganugerahan) Gender Champion kepada orang-orang yang peduli terhadap perkembangan dan kemajuan Pengaruh Utama Gender (PUG) di kampus.

Ketua PSGA UIN Ar-Raniry, Dr. Nashriyah, MA disela-sela kegiatan, Selasa (30/6/2020) mengatakan sejak didirikan pada Juni 2013 lalu hingga berusia tujuh tahun, telah melaksanakan berbagai kegiatan mulai dari sosialisasi, diseminasi dan publikasi, capacity building, dan pengabdian kepada masyarakat serta berbagai kegiatan lainnya.

Selain itu juga, kata Nashriyah, bahwa UIN Ar-Raniry telah mengukir berbagai prestasi diantaranya telah berhasilnya Jurnal Gender Equality: International Journal Child and Gender Studies, dibawah asuhan PSGA UIN Ar-Raniry telah mendapat pengakuan akreditasi nasional Sinta empat. Selanjutnya PSGA Ar-Raniry juga terpilih menjadi ketua presidium jejaring PSGA/PSG/PSW se Provinsi Aceh.

“Selama tujuh tahun tersebut, PSGA Ar-Raniry juga telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak dalam menjalankan rangkaian kegiatan, baik internal maupun eksternal kampus. Sehingga hingga saat ini telah menjadi mitra kerja yang baik dalam melaksanakan berbagai kegiatan,” ujarnya.

Nashriyah menambahkan, momentum ulang tahun ke tujuh, PSGA Ar-Raniry memberikan apresiasi kepada para mitra dan orang-orang yang telah berkontribusi dan peduli akan perkembangan dan kemajuan PUG di kampus dan masyarakat, yakni pemberian Gender Champion UIN Ar-Raniry 2020.

Ia menyebutkan, bahwa pemilihan Gender Champion dilakukan dengan beberapa tahapan, mekanisme yang dilakukan yaitu penjaringan kandidat dilaksanakan dengan menyebarkan info ke grup Whatsapp untuk diminta masukan nama yang layak jadi kandidat, selanjutnya dilakukan seleksi kualitatif yakni setiap nama yang diajukan memiliki narasi terkait kontribusinya, ini terpilih 30 kandidat.

Tahap ketiga, dilakukan seleksi kualitat
dengan menggunakan rubric dan terpilih 20 kandidat, dan tahap terakhir dilakukan survey terbuka dengan menggunakan Google Form, tahap ini setiap pemilih dapat memilih 10 dari 20 kandidat yang telah ditetapk sebelumnya dan pada puncak hari jadi akan diumumkan dan diberikan pengahargaan kepada tiga pemenang yang terbanyak pemilihnya.

Sementara indikator penilaiannya ada lima, yakni kualitas diri terkait dengan kepribadian; apakah sejalan antara perkataan dengan perbuatannya, kedua dinilai tentang kontribusi terkait PUG baik di kampus maupun bersama masyarakat, ketia yang dinilai adalah perspektif gender, keempat kapasitasnya dibidang gender baik sebagai narasumber, contributor atau peserta, dan kelima yang dinilai adalah karya tulis ilmiah.

Dari seluruh kriteria dan penilaian tim, maka PSGA Ar-Raniry memutuskan yang menjadi pemenag I Gender Champion Ar-Raniry 2020 diaraih oleh Dr. Rasyidah, M.Ag dengan 182 pemilih /44 persen, pemenang II terpilih Prof. Dr. Alyasa’ Abubakar, MA dengan 174 pemilih/42 persen dan pemenang III diterima oleh Dr. Agustin Hanafi, M.Ag dengan perolehan 157 pemilih/ 37,9 persen. Kepada merekan diberikan piagam penghargaan dan bingkisan menarik.

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry diwakili Warek bidang akademik dan kelembagaan, Gunawan Adnan, Ph.D dalam sambutannya saat membuka acara, memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan tersebut oleh PSGA dan ia berharap kegiatan seperti itu dapat dilaksanakan menjadi kegiatan tahunan.

“Acara seperti ini dapat dibudayakan dan dipertahankan ditahun-tahun selanjutnya, selain dapat memberikan pengahargaan kepada orang-orang yang telah bekontribusi kepada PUG, juga dapat mendorong semangat civitas akademika lainnya di UIN Ar-Raniry untuk melakukan kegiatan seprti ini,” ujarnya.

Kegiatan tersebut juga hadir guru besar UIN Ar-Raniry, Prof Yusni Saby, Ketua DW UIN Ar-Raniry, Cut Megawati, MH, bersama wakil III, dr. Nadia, Ketua LP2M, Dr. Mukhlisah, serta sejumlah pimpinan lembaga mitra PSGA dan pejabat di lingkungan UIN Ar-Raniry.[]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PSGA UIN Ar-Raniry Berikan Penghargaan Gender Champion

Terkini

Topik Populer

Iklan