Iklan

Iklan

Komunitas Ta'awun Donasi 5 Ekor Sapi Meugang untuk Pimpinan Dayah dan Guru Majelis Se-Jeunieb Raya

Mabrur Muhammad
7/30/20, 12:22 WIB Last Updated 2020-07-30T05:22:48Z


WASATHA.COM, BIREUEN - Komunitas Ta'awun di Jeunieb, bentukan Ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Tgk H Muhammad Yusuf A Wahab atau Tu Sop, sembelih lima ekor sapi untuk bantuan daging meugang kepada seluruh Pimpinan Dayah, Guru Majelis Taklim dan Guru Balai Pengajian di tiga Kecamatan, Pandrah, Jeunieb dan Peulimbang (Se-Jeunieb Raya) pada Rabu, (29/7/2020) Siang. 

Bantuan tersebut hasil dari donasi Ta'awun dibawah bimbingan Tgk Nasruddin Juddon (Abi Nas Jeunieb) Ketua PW HUDA Kabupaten Bireuen.

Kegiatan yang diawali doa bersama dilanjutkan dengan tausiah singkat Tu Sop dan diakhiri makan bersama itu, turut dihadiri oleh ratusan Ustad dan Ustazah Balai Pengajian, para pimpinan Majelis Taklim beserta seluruh Pimpinan Dayah Se-Jeunieb Raya dipusatkan di Komplek Dayah Dhiaul Haq Al Aziziyah Pimpinan Abi Nas Jeunieb. 

Inspirator Komunitas Ta'awun yang juga Ketua PW-HUDA Kabupaten Bireuen Abi Nas Jeunieb disela-sela acara berlangsung menyebut ada 300 paket daging yang didapat dari lima ekor sapi, dalam satu paket beratnya 3 Kg yang terdiri 1.5 Kg daging dan 1.5 Kg tulang. 

"300 paket daging meugang tersebut telah kita distribusikan kepada penerima 22 Gampong di Kecamatan Peulimbang, 19 Gampong di Kecamatan Pandrah dan 43 Gampong di Kecamatan Jeunieb. Jumlah paketnya bervariasi dalam setiap Gampong, kadang-kadang Desa ini terdapat 3 Majelis Taklim, ada 2 Balai pengajian, atau desa itu ada 2 Majelis taklim 5 Balai pengajian dan 1 Dayah. Jadi jumlahnya bervariasi," sebut Abi Nas. 

Abi Nas melanjutkan, total donasi Ta'awun yang masuk dalam kegiatan ini satu ekor lembu dari H Mukhlis direktur PT. Takabeya Perkasa Grup, dan uang tunai yang telah dikonversi menjadi empat ekor lembu berjumlah Rp. 47.900.000.

"Selanjutnya masing-masing dari Anggota DPRA dr Purnama Setia Budi, 1,5 Juta, Anggota Komisi IV DPR RI Ir H TA Khalid 10 Juta, Tu Sop 10 Juta, Ketua Umum BMU Abiya Jeunieb 3 Juta, H Junaidi MR 5 Juta dan sisanya dari Majelis Ta'klim dan donatur lainnya," jelas Abi Nas Pimpinan Dayah Dhiaul Haq Al Aziziyah Jeunieb. 

Sementara itu Imam Besar BMU Tu Sop dalam tausiah singkatnya menjelaskan tujuan dari kegiatan ini untuk menjalin silaturahmi dan memperat ukhuwah Islammiah antara Guru-guru Majelis, Pimpinan Dayah dan Balai Pengajian yang sesama profesi sebagai tenaga pengajar. 

"Sebenarnya Ta'awun ini bentuk kepedulian sosial yang telah dibangun dalam islam, oleh karena itu perlu adanya persamaan persepsi antara sesama kita untuk saling peduli dan membantu mereka yang selalu membutuhkan. Jika kita tidak ada rencana, maka takutnya nanti kita akan direncanakan orang," tutup Tu Sop.[]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Komunitas Ta'awun Donasi 5 Ekor Sapi Meugang untuk Pimpinan Dayah dan Guru Majelis Se-Jeunieb Raya

Terkini

Topik Populer

Iklan