Iklan

Iklan

Dampak Pandemi Dalam Kuliah Daring di Aceh

7/06/20, 22:00 WIB Last Updated 2020-07-09T12:28:48Z


Oleh Habibul Jamadi | Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas  Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry


PANDEMI virus Corona atau covid-19 telah membuat banyak perguruan tinggi yang mengaplikasikan pembelajaran daring. Bahkan momentum pandemi covid-19 memaksa banyak pihak untuk beradaptasi dengan pembelajaran daring dalam waktu yang sangat cepat

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud Aris Junaidi mengatakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam era New Normal merupakan sebuah keniscayaan. 
Menurutnnya setelah pandemi corona melanda tanah air, Menteri pendidikan dan kebudayaan dengan sigap mengeluarkan surat edaran bahwa seluruh pendidikan tinggi harus study from home sejak Maret tinggal akhir tahun 2020 melalui pembelajaran daring.

Pelaksanaan kuliah sistim online masih berlangsung dan terus dilakukan koordinasi dengan para dosen dan mahasiswa, kemudian melakukan sistim kuliah tatap muka belum memungkinan dan menunggu kebijakan lebih lanjut dari Kementerian Pendidikan di Jakarta dan edaran Plt Gubernur Aceh.

Ditambahkan, walaupun masih sistim kuliah online, pelaksanaan ujian final dalam waktu dekat sudah disepakati akan dilaksanakan secara tatap muka dengan mengedepankan protokol kesehatan. Ujian final pada awal Juli sudah disepakati dengan sistim tatap muka dengan tidak mengabaikan protokol pencegahan covid-19.

Pelaksanaan perkuliahan sistim daring dipantau oleh kepala program studi masing-masing, bagian akademik dan laporan berjenjang untuk memastikan kuliah sistem daring yang dijalankan sejak Maret lalu sampai saat ini berjalan dengan baik dan semua mahasiswa mengikuti perkuliahan.

Analisis Swot Strenght (kekuatan): perkulihan daring tetap berjalan dengan baik walupun banyk yang ssedang memiliki aktivitas sesibuk apapun itu, perkulihan daring inipun bias dilakukan diman saja tanpa harus mengenal tempat dan tidak di pelukan alat penunjang pembelajaran pada umumnya .

Begitu juga dengan weakness (kelemahan): new normal akan sulit dilakukan di Aceh karena ada satu kelemahan besar, yakni pemahaman masyarakat yang masih kurang sehingga masyarakat tidak sepenuhnya mengikuti anjuran protokol dalam bidang pendidikan contohnya seperti perkulihan daring ini memerlukan jaringan, memerlukan pakete internet, dan perkuliahan ini tidak seefektif perkuliahan tatap muka .

Opportunity (kesempatan): Peran pemerintah yang harus bersinergi dengan masyarakat sangat diperlukan. Pemerintah melakukan kerja sama dengan bidang pendidikan  untuk kelancaran kuliah daring. Dan dapat membentuk pribadi mahasiswa tentang pengetahuan yang di butuhkan selama perkuliahan .

Treat (ancaman): Masih kurangnya sarana dan prasarana dari universitas  untuk menjalankan penerapan kuliah daring . seperti banyak mahasiswa yang tidak lullus sesuai dengan jadwal, sulit menghubungi dosen yang berkaitan, dan banyak nilai yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataan .

Pembahasan Strategi mengontrol perilaku disiplin menerapkan aturan daring dapat dibangun melalui upaya pemerintah bersama elemen-elemen masyarakat, memastikan kecukupan faktor-faktor pendukung, harusnya memiliki kelebihan seperti perkuliahan daring dapat dilakukan dimana saja, tidak memerlukan tempat khusus, perkuliahan tatap muka dapat terus berjalan mengikuti arus pembelajaran yang telah di tentukan dosen, berusaha untuk mencari jaringan, dengan adanya perkuliahan daring ini juga banyak mahasiswa yang terampil dalam dalam mengasah skill yang dimilikinya dan solusi terbaik dalam hal ini adalah memperbanyak sabar dalam segala hal yang kita hadapi.

Harapan penulis dengan ada kerjasama yang baik antara dosen dan mahasiswa, telah menampakkan dampak positif dan negative olehkarena itu kita sebagai manusia yang cerdas harus bersikap bijak dalam menjalankan system yang telah di berikan .Dengan demikian, penerapan kuliah daring akan menjadi anugerah di tengah pandemi Covid-19. sebagai harapan. 

Dengan menggunakan analisis swot masyarakat mampu memecahkan persoalan-persoalan dan hambatan yang ada terhadap penerapan new normal di tengah pandemi Covid-19 yang sangat memprihatinkan dunia saat ini. 


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dampak Pandemi Dalam Kuliah Daring di Aceh

Terkini

Topik Populer

Iklan