Headlines
Loading...
Tembus Seribu Kantong, Donor Darah ASN Pemerintah Aceh Masih Terus Berlanjut

Tembus Seribu Kantong, Donor Darah ASN Pemerintah Aceh Masih Terus Berlanjut



Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, S.STP, MM sedang melakukan pendonoran darah
Wasatha.Com, Banda Aceh - Kegiatan donor darah Aparatur Sipil Negara di lingkup Pemerintah Aceh yang diinisiasi oleh Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah terus berlanjut. Hingga saat ini, jumlah darah yang telah dikumpulkan tembus Seribu kantong.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto, usai menerima rekapitulasi sementara data ASN yang telah mendonorkan darah dari Unit Transfusi Darah PMI Banda Aceh, Kamis (11/6/2020).

“Alhamdulillah, inisiasi Pak Plt Gubernur dan Pak Sekda disambut baik oleh ASN Pemerintah Aceh. Hari ini tembus Seribu kantong darah, tepatnya 1.060 kantong. Aksi donor darah ini akan terus berlanjut, masih banyak SKPA yang belum melakukan donor darah, karena menunggu jadwal dari UTD PMI Banda Aceh,” ujar Iswanto.

Iswanto menambahkan, kemarin (Rabu, 10/6) total darah yang terkumpul sebanyak 921 kantong. Hari ini, DInas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang mengumpulkan sebanyak 62 kantong darah dan DInas Kelautan dan Perikanan sebanyak 69 kantong.

“Selain mobile transfusi darah PMI yang hari ini standby di Dinas PUPR dan DKP, ada juga ASN yang langsung mendonorkan darahnya ke UTD PMI Banda Aceh. Total ada Sembilan orang. Jadi, hingga hari ini ASN Pemerintah Aceh telah menyumbanhgkan sebanyak 1.061 kantong darah,” sambung Iswanto.

Ketua PMI Banda Aceh Qamaruzzaman Haqni, mengapresiasi gerakan donor darah ASN Aceh yang telah berhasil mengumpulkan lebih seribu kantong darah. Qamaruzzaman Haqni mengungkapkan, ketersediaan darah di UTD PMI Banda Aceh menjadi kabar baik bagi masyarakat yang membutuhkan darah.

“Apresiasi kami untuk Pak Plt Gubernur Aceh, Pak Sekda dan seluruh ASN Pemerintah Aceh yang telah dengan sukarela menginisiasi dan mendonor darahnya secara sukarela. Sudah lebih dari seribu kantong dan ini akan terus bertambah. Kecukupan stok darah tentu menjadi kabar gembira bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujar Qamaruzzaman Haqni.

Siti Hawa, orang tua dari Reza Fahlevi, pasien Thalassemia asal Gampong Paru, Pidie Jaya, mengaku sangat bersyukur dengan gerakan donor darah yang digagas oleh Pemerintah Aceh. Siti Hawa sangat bersyukur karena kebutuhan darah buah hatinya terpenuhi karena gerakan yang digagas oleh Plt Gubernur Aceh dan Sekda Aceh.

“Kami sangat berterima kasih atas kepedulian Pak Plt Gubernur dan Pak Sekda serta seluruh ASN di Pemerintahan Aceh,” ujar wanita yang harus rutin ke Banda Aceh setiap bulan, karena anaknya membutuhkan asupan 3 kantong darah jenis O resus positif setiap bulannya.

Penuhi Stok Selama Covid-19, Cabdisdik Aceh Utara Gelar Donor Darah

Sementara itu, menyahuti gerakan donor darah ASN yang diinisiasi Plt Gubernur dan Sekda Aceh, serta untuk memenuhi kebutuhan stok darah selama pandemi Covid-19 di Aceh Utara, Kemarin, (Rabu, 11/6) Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Kabupaten Aceh Utara bekerjasama dengan UTD PMI Aceh Utara, juga menggelar kegiatan donor darah di kantor setempat.

“Alhamdulillah kegiatan ini mendapat sambutan yang luar biasa dari pengawas sekolah, kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan. Semoga darah yang terkumpul hari ini dapat membantu kekurangan stok darah khususnya di PMI Aceh Utara,” ujar, T Aznal Zahri selaku Kacab Dinas Pendidikan Aceh wilayah Aceh Utara.

Aznal menambahkan, peserta donor darah berasal dari unsur Cabang Dinas Pendidikan Aceh Utara, pengawas sekolah, kepala sekolah, guru serta tenaga kependidikan SMA/SMK/SLB Se-Aceh Utara.

Sementara itu, Koordinator Pengawas Sekolah Muhammad, mengatakan kegiatan semacam ini sangat bagus dan perlu dilakukan secara rutin, minimal enam bulan sekali. Hal senada juga diungkapkan Kepala SMAN 1 Tanah Jambo Aye Talhah MPd dan Kepala SMAN 1 Baktiya Jalaluddin.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, kami sangat mendukung. Harapannya kalau bisa pelaksanaannya dibagi menjadi tiga titik, wilayah barat, tengah dan utara sehingga dapat terjangkau bagi mereka yang tinggal berjauhan dengan cabang dinas,” harap Jalaluddin.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Koordinator Lapangan UTD PMI Aceh Utara Muhammad Chatab, darah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 69 kantong, yang terdiri dari 14 kantong golongan darah A, 18 kantong golongan darah B, 5 kantong golongan AB, dan 32 kantong golongan darah O. []



0 Comments: