Headlines
Loading...
Bertambah 112, ASN Pemerintah Aceh sudah Sumbang 1.174 Kantong Darah

Bertambah 112, ASN Pemerintah Aceh sudah Sumbang 1.174 Kantong Darah



WASATHA.COM, Banda Aceh – Donor Darah Aparatur Sipil Negara Pemerintah Aceh masih terus berlanjut. Hari ini, sebanyak 112 kantong darah, disumbangkan oleh ASN di Dinas Perhubungan Aceh, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Aceh. Jika diakumulasi dengan jumlah kemarin sebanyak 1.061 kantong, maka hingga saat ini, total darah yang sudah disumbangkan sebanyak 1.174 kantong.

Penjelasan tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto, usai menerima data sementara dari UTD PMI Banda Aceh, Jum’at (12/6/2020) sore.

“Alhamdulillah, hari ini teman-teman ASN di Dinas Koperasi dan UKM serta Dinas Perhubungan menyumbangkan sebanyak 112 kantong darah. Jadi, hingga saat ini total darah yang sudah didonorkan oleh ASN Pemerintah Aceh adalah sebanyak 1.174 kantong,” ujar Iswanto, di ruang kerjanya.

Dari 112 kantong darah yang disumbangkan hari ini, sebanyak 78 kantong disumbangkan oleh ASN di Dinas Perhubungan Aceh, yang terdiri atas 20 kantong darah A, 24 kantong darah B, 2 kantong darah AB dan 32 kantong darah O.
Sedangkan 23 kantong disumbangkan oleh ASN di Dinas Koperasi dan UKM Aceh, yang terdiri dari 5 kantong darah A, 6 kantong darah B, 2 kantong darah AB dan 10 kantong darah O. Sebanyak 14 kantong lainnya disumbangkan langsung oleh ASN ke UTD PMI Banda Aceh.

Mantan Kabag Humas Pemkab Aceh besar ini berharap, gerakan donor darah yang diinisiasi oleh Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah, dapat menginspirasi masyarakat luas untuk turut mendonorkan darahnya secara sukarela.

“Banyak saudara kita yang membutuhkan darah, ketersediaan darah di PMI dan di rumah sakit tentu sedikit meringankan beban mereka. Oleh karena itu, kami berharap gerakan yang diinisiasi oleh pimpinan daerah kita ini, menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat Aceh, sehingga gerakan ini menjadi suatu rutinitas baru, yang bermanfaat dan tentu saja menyehatkan,” imbuh Iswanto.

Sambung Iswanto, sebagaimana diketahui rutin donor darah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, yaitu menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh, menurunkan kolesterol, menurunkan resiko kanker, merawat kesehatan organ hati, menurunkan berat badan, membantu mendeteksi penyakit serius, meningkatkan produksi darah, membantu mempercepat penyembuhan luka dan mencegah penuaan dini.

“Selain bermanfaat bagi kesehatan kita, secara pribadi rutin donor darah juga akan membuat pikiran lebih bahagia, karena bisa membantu menyelamatkan orang lain. Jadi, mari kita galakkan gerakan donor darah ini sebagai sebuah kebiasaan baru,” imbau Iswanto.

Sementara itu, Ketua PMI Banda Aceh Qamaruzzaman Haqni, kembali mengapresiasi gerakan donor darah ASN Aceh dan kembali mengingatkan masyarakat yang membutuhkan darah, agar menghubungi PMI Banda Aceh jika membutuhkan darah.

“Sudah di atas Seribu kantong. Kami sangat mengapresiasi gerakan donor darah ini kepada masyarakat, kami juga mengingatkan agar menghubungi kami jika ada masyarakat yang membutuhkan darah. Bisa datang langsung atau menghubungi call center PMI Banda Aceh, di nomor 08116815800,” ujar Qamaruzzaman.

0 Comments: