Iklan

Iklan

Bangkitkan Semangat Salafiyah, IPPIKA Gelar MQK

6/04/20, 21:20 WIB Last Updated 2020-06-04T14:20:17Z

Laporan: Reza
WASATHA.COM - Ikatan Pemuda Pelajar islam Keude Paya (IPPIKA) menggelar kegiatan Musabaqah Qira'atil Kutub di gampong Keude paya pada tanggal 3-6 juni 2020.

MQK I se-gampong keude paya tahun ini diikuti oleh 49 peserta.

Ada dua perlombaan pokok dalam MQK I gampong Keude Paya diantaranya lomba membaca, menerjemahkan, dan memahami kitab Matan Taqrib dan yang kedua Lomba Pidato yang terbagi dalam dua tingkatan yaitu tingkatan dasar dan menengah.

Ketua Umum IPPIKA Tgk. Rajul Ikbal, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan semangat remaja gampong untuk terus membaca kitab-kitab Salafiayah.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini remaja gampong Keude Paya lebih semangat dan mau membaca serta belajar kitab-kitab Salafiyah karena kita tahu pada masa sekarang ini hal tersebut sudah sangat tergerus oleh perkembangan teknologi yang tidak bisa terbendung," jelas Ikbal.

Lebih lanjut Tgk. Ikbal menjelaskan kegiatan ini dilakukan dalam zona gampong Keude Paya, yang mana juaranya nanti akan diberikan berupa beasiswa prestasi untuk pendidikan dayah yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2021.

Pihaknya berharap dengan kegiatan seperti ini bisa meningkatkan perhatian masyarakat terhadap karya-karya besar ulama terdahulu dalam hal kajian kitab-kitab ulama Salafiyah.

Hal ini juga senada dengan yang disampaikan oleh Tgk. Rahmul selaku Ketua Panitia MQK. Dalam kegiatan ini panitia mengusung tema "Menciptakan Generasi Ulama gampong keude paya yang maju, kreatif dan berbudaya"

"kita mencoba mendorong kepada pihak pemerintah untuk memberikan dukungan dan perhatian yang lebih terhadap kegiatan ini kedepannya." ungkap Rahmul.

Dalam sambutannya Keuchik gampong Keude Paya mengungkapkan rasa bangga kepada panitia pelaksana yang selalu memajukan giat keagamaan dan memberikan nilai fositif di gampong Keude Paya.

“Semoga MQK gampong Keude paya ini bisa menjadi motivasi dan meningkatkan kadar keagaamaan kita mari kita tanamkan semangat ukhuwah islamiah di tengah masyarakat Keude Paya yang kita cintai ini." katanya.

Terakhir Baihaki menghimbau semua pihak untuk turut serta membantu melestarikan budaya membaca kitab tersebut. [ ]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bangkitkan Semangat Salafiyah, IPPIKA Gelar MQK

Terkini

Topik Populer

Iklan