Headlines
Loading...
94 Pengungsi Rohingya Terdampar di Perairan Aceh Utara

94 Pengungsi Rohingya Terdampar di Perairan Aceh Utara


WASATHA.COM, ACEH UTARA - Sebanyak 94 pengungsi Rohingya, Myanmar terdampar di perairan Pantai Seunuddon, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, pada Rabu (24/6).

Sekelompok Rohingya itu berhasil ditemukan tiga nelayan Aceh saat terkatung-katung di lautan.

Ketiganya mengaku melihat sebuah kapal motor rusak, terombang-ambing dan nyaris tenggelam, sementara para penumpang kapal berteriak meminta pertolongan.

Danpos Polairud Lhoukseumawe Ipda Saiful Bahri mengatakan para pengungsi hingga kini masih berada di lautan untuk dibawa ke gudang imigrasi Bayu, Aceh utara.

“Kami sudah stand by di pinggir pantai,” kata Ipda Saiful Rabu malam, seperti dilansir Anadolu Agency.

Berdasarkan data awal Polairud Aceh, jumlah warga Rohingya yang diselamatkan terdiri atas 15 orang laki-laki dewasa, 49 perempuan, dan 30 anak-anak.

Sementara itu lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap cabang Aceh telah bergerak ke lokasi untuk memberikan bantuan.

“Sekarang kita sedang melakukan assesement,” ujar Kepala ACT Aceh Husaini Ismail kepada Anadolu Agency.

Orang-orang tertindas

Rohingya, yang disebut-sebut PBB sebagai kaum paling teraniaya, menderita sejumlah serangan sejak kekerasan komunal meletus pada 2012.

Amnestry International mengungkapkan bahwa lebih dari 750.000 pengungsi Rohingya, sebagian besar perempuan dan anak-anak, melarikan diri dari Myanmar ke Bangladesh, sejak pasukan keamanan Myanmar melancarkan serangan ke komunitas Muslim minoritas pada 2017.

Menurut Badan Pembangunan Internasional Ontario (OIDA), sekitar 24.000 Muslim Rohingya dibunuh oleh pasukan Myanmar sejak 25 Agustus 2017.

Dalam laporannya yang berjudul "Migrasi Paksa Rohingya: Pengalaman yang Tak Terkira", OIDA menyebutkan lebih dari 34.000 Rohingya dibakar hidup-hidup, sementara lebih dari 114.000 lainnya dipukuli.

Tak hanya itu, sekitar 18.000 perempuan Rohingya diperkosa oleh militer dan polisi Myanmar dan lebih dari 115.000 rumah Rohingya dibakar habis dan 113.000 lainnya dirusak.

0 Comments: