Idul Fitri Di Tengah Pandemi, Ini yang harus dipersiapkan

Share:
Sumber : Mamikos.com

Angka positif virus Corona atau COVID-19 di Indonesia semakin meningkat  mencapai 18.496 jiwa pada hari ini Selasa 19 Mei 2020. Hal ini tentu membuat keresahan masyarakat semakin meningkat.

Berbagai aturan terus diberlakukan dibawah pengawasan yang ketat terutama dengan memantau alur mudik lebaran Idul Fitri. Terhitung mulai hari ini yaitu kurang dari 5 hari lagi (H-5) hari kemenangan ( Idul fitri) akan tiba.

Idul fitri kali ini tentu akan berbeda dari biasanya yang dimana hari kemenangan dilakukan hanya dirayakan di rumah saja bersama keluarga yang ada di rumah atau bahkan sendiri saja.

Keadaan ini dirasakan seluruh masyarakat Indonesia bahkan juga dunia, semua menghadapi masalah yang sama yaitu wabah Covid-19.

Keadaan yang biasanya normal berubah drastis semenjak datangnya wabah Covid-19 termasuk perayaan Idul fitri, oleh karena itu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan menjelang Idul fitri kali ini :

1. Mental
Hal yang pertama harus disiapkan adalah kesiapan mental menghadapi hari ke depan, dimana hari kemenangan kali ini berbeda dari biasanya, mulai dari tidak mudik dan tidak bisa berkumpul dengan keluarga, terutama tim kesehatan yang harus terus berjuang menjadi garda terdepan.

2. Rasa syukur
Selanjutnya adalah rasa syukur yang lebih besar dari biasanya dalam merayakan hari kemenangan. Bersyukur telah diberikan tubuh yang sehat dapat merasakan hari kemenangan meski jauh dari  keluarga dan kerabat.

3. Telefon genggam atau smartphone
Telefon genggam atau smartphone berfungsi sebagai alat komunikasi untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara yang berjarak jauh dengan kita,  meski tidak bisa jumpa kita bisa memanfaatkan dua alat tersebut untuk merayakan kemenangan jarak jauh

4. Kuota Internet
Kuota internet tentu menjadi prioritas utama selama pandemi ini, terlebih mulai instruksi berkegiatan di rumah saja. Kuota internet bisa dengan mudah menghubungkan dengan keluarga melalui video call yang bisa dilakukan melalui beberapa aplikasi.

Tentu hari kemenangan di tengah pandemi ini akan tetap terasa indah meski dilakukan dengan cara yang berbeda. Nah, itulah hal-hal yang harus disiapkan menjelang Idul Fitri, semoga bermanfaat. [Rouzatul Jannah, Mahasiswi Prodi Komunikasi Penyiaran Islam UIN Ar-Raniry]




No comments