Iklan

Iklan

Plt Gubernur Aceh Keluarkan Surat Edaran Cegah Corona

3/14/20, 22:43 WIB Last Updated 2020-03-14T15:43:16Z

Plt Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT didampingi Kepala Dinas Kesehatan, dr. Hanif, Direktur RSUZA, Dr. dr. Azharuddin SpOT K-Spine dan rombongan meninjau ruangan serta fasilitas ruang Isolasi Respiratory Intensive Care Unit (RICU), tempat perawatan pasien suspect virus Corona di RSU Zainoel Abidin, Banda Aceh, Kamis (12/03/2020).

WASATHA.COM - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, menginstruksikan masyarakat untuk melakukan pencegahan penyebaran virus corona melalui perilaku hidup bersih dan sehat, serta memperbanyak ibadah kepada Allah Swt.

Instruksi itu dituang dalam surat edaran Nomor: 440/4820 yang ditandatangani Nova Iriansyah pada 12 Maret 2020. “Masyarakat Aceh dihimbau menjaga wudhu, memperbanyak zikir, ibadah serta dari semua jenis penyakit termasuk corona,” kata Nova dalam surat itu.

Selanjutnya, Nova menginstruksikan masyarakat untuk menghindari berjabat tangan, berpelukan dan cipika-cipiki. Ketika bertemu sesama, cukup mengucapkan salam atau memberikan simbol pemberian hormat.

“Hindari semua jenis maksiat dan semua perbuatan yang jauh dari nilai-nilai agama dan syariat Islam,” tulis edaran itu.

Selanjutnya Nova menghimbau agar menghindari tempat perkumpulan massa yang dianggap tidak penting dan memperbanyak konsumsi sayur dan buah agar tubuh tetap sehat. Selanjutnya, biasakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. “Hindari menyentuh mata, mulut dan hidung sebelum mencuci tangan secara benar.”

Selanjutnya adalah menjaga etika saat batuk. Senantiasa selalu menjaga jarak, menutup mulut dengan tisu atau kain. Hindari berdekatan dengan orang sakit serta satwa terutama hewan liar.

Selain itu, masyarakat Aceh diimbau untuk tidak bepergian ke daerah lain terutama daerah yang telah terjangkit, dalam arti mengurangi untuk berkunjung jika tidak dalam keadaan berkepentingan. Jikapun harus bepergian tetap waspada dan tanggap dengan keadaan sekitar.

“Jika mengalami demam, batuk, sakit tenggorokan dan sesak nafas, agar menggunakan penutup mulut dan hidung serta segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan.”

Sebelumnya pada tahun lalu pemerintah Aceh telah melakukan gebrakan program Bersih Rapi Indah dan Estetis (BEREH), yang dikampanyekan untuk diselenggarakan di tempat layanan publik. Program BEREH telah berdampak besar pada kebersihan instansi-instansi pemerintah, tempat pelayanan kesehatan dan sekolah-sekolah.

Program BEREH yang kemudian dikampanyekan Sekda Aceh dr. Taqwallah, M.Kes, ke seluruh Aceh itu merupakan senjata ampuh untuk antisipasi penyebaran virus corona. [humas.acehprov.go.id/]


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Plt Gubernur Aceh Keluarkan Surat Edaran Cegah Corona

Terkini

Topik Populer

Iklan