Iklan

Iklan

Atasi Kelangkaan Hand Sanitizer, ARC Unsyiah Produksi U Hansa

3/18/20, 12:05 WIB Last Updated 2020-04-23T16:33:15Z



WASATHA.COM, Banda Aceh - Tsiri Research Center (ARC) Universitas Syiah Kuala berhasil melakukan inovasi dengan memproduksi hand sanitizer bernama U Hansa, Selasa Banda Aceh (17/3/2020).

Kepala ARC Unsyiah Dr. Syaifullah, ST, M.Eng mengatakan, inovasi ini adalah untuk mengatasi kelangkaan hand sanitizer di pasaran terkait wabah virus Corona,Selasa Banda Aceh (17/3/2020).

Syaifullah mengatakan, sebenarnya sejak 2018 ARC Unsyiah sudah melakukan riset terkait produk hand sanitizer berbasis minyak atsiri nilam. Awalnya produk hand sanitizer U-Hansa diproduksi untuk keperluan internal Unsyiah.

“Tapi karena permintaan yang begitu tinggi dari masyarakat, dan kelangkaan produk di pasaran,  maka akhirnya diproduksi lebih banyak agar dapat membantu kebutuhan masyarakat terhadap hand sanitizer,” ujarnya.

Syaifullah juga menjelaskan, U Hansa diproduksi dengan merujuk pada formulasi yang dikeluarkan oleh WHO yaitu  hand sanitizer berbasis etanol, peroksida, gliserin dan air. Lalu ARC Unsyiah melakukan sentuhan inovasi yaitu dengan menambahkan lagi esensial oil minyak nilam.

“Minyak nilam yang ditambahkan ini, merupakan hasil fraksinasi vakum yang kaya akan komponen komponen organik alami untuk anti kuman anti-virus pelembab kulit dan lain-lain,” jelasnya.

Produk hand sanitizer U-Hansa diproduksi oleh tim peneliti dan produksi dari ARC dengan kordinasi langsung pada dirinya. Adapun peneliti Unsyiah lainnya yang terlibat adalah  Prof. Rina, Dr. Khairan, Nadia, MSc, Zaira Munanda, MT, Sabrina Khairunnisa, ST Khalid, ST, Mulia, ST, Friesca, M.Sc dan lainnya. Tim ini berkoordinasi dengan Wakil Rektor 1 Unsyiah Prof. Dr. Marwan dan Wakil Rektor IV Unsyiah Dr. Hizir.

Secara kualitas, produk hand sanitizer U-Hansa telah diuji pada Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Unsyiah dan menunjukkan aktivitas daya hambat bakteri/ kuman yang sangat baik. Selain itu, U-Hansa juga memberikan rasa lembab pada kulit dan memilki aroma yang disukai dan relatif tahan lama yaitu kombinasi lemon dan Nilam.

Produk U-Hansa terdiri dari 3 kemasan, yaitu  Spray 60 mL (travel friendly).  Pet spray 100 mL (bentuk spray besar, diperuntukan untuk menyemprot kasur, kursi, baju dan lainnya. Lalu  Pump 500 mL yang mudah diletakkan di kantor, ruangan, rumah dan lainnya.

“ARC Unsyiah berkeinginan untuk memproduksi hand sanitizer lebih banyak dalam kemasan kecil dan bisa dibagikan gratis kepada masyarakat, semoga kita bisa mendapatkan pendanaan untuk ini,” ucapnya.

Sampai saat ini sudah 1500 botol U-Hansa yang dipesan oleh masyarakat dan sdh didistribusikan. ARC akan open order kembali pada hari Jum'at, 20/03/2020 untuk didistribusikan pada Senin, 23/03/2020.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Atasi Kelangkaan Hand Sanitizer, ARC Unsyiah Produksi U Hansa

Terkini

Topik Populer

Iklan