Prof Eka: Sifat Ku'eh Penghancur Kebersamaan

Share:


“Hindari rasa dengki, jangan menghancurkan apa yang telah orang lain capai dan untuk merawat kebersamaan dalam sebuah komunitas tentunya harus brsama-sama mempererat tali silaturahmi karena sebaik-baiknya manusia adalah yang banyak menebar manfaat bagi orang lain.” 


WASATHA.COM, BANDA ACEH -  Sifat “ku'eh” atau dengki yang lebih dikenal dengan makna susah melihat orang senang dan senang melihat orang susah merupakan suatu sifat yang akan menghapus segala kebaikan.

Sifat ini pada sebuah penelitian dianggap juga sebagai penghancur sebuah kebersamaan, apabila sikap tersebut dapat dihindari maka akan menjadi sebuah kunci untuk merawat kebersamaan.

Hal ini diungkapkan oleh Prof Dr Eka Srimulyani, saat memberi materi pada acara perdana bertajuk "Lesehan Bulanan" yang diakan oleh Rumoh Baca Aneuk Nanggroe (Ruman), Sabtu (22/02/2020).

Menurutnya, sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang memiliki sifat “ku'eh” biasanya akan memakan habis segala keebaikan karena telah meracuni hati seseorang.

“Hindari rasa dengki, jangan menghancurkan apa yang telah orang lain capai dan untuk merawat kebersamaan dalam sebuah komunitas tentunya harus brsama-sama mempererat tali silaturahmi karena sebaik-baiknya manusia adalah yang banyak menebar manfaat bagi orang lain,” ujar akademisi asal Nagan Raya ini.

Pada kesempatan tersebut, mantan Dekan Fakultas Psikologi ini juga memberi tips lain untuk merawat kebersamaan pada suatu komunitas seperti menyatukan visi, tidak egois antar sesama, memiliki sifat keredahan hati, juga rela dalam berkorban demi kemajuan bersama.

“Mudah sekali bagi kita untuk tidak menyukai orang lain, mudah sekali untuk menghakimi secepatnya, dalam beberapa situasi sebuah kasih sayanglah yang akan merekatkan sebuah organisasi,” ucapnya.

Ahmad Arif, Pembina Ruman Aceh mengatakan acara yang dikemas mulai tahun 2020 ini sengaja dibuat untuk merawat kebersamaan antar sesama relawan.

“Kebersamaan bisa dibangun dan yang rumit itu merawatnya, dan acara ini dibuat untuk mengeratkan silaturahmi antar sesama, dan ini akan berjalan setiap bulannya secara teratur dengan menghadirkan narasumber yang akan memberi motivasi,” ujarnya.

No comments