FAI USM Peroleh Izin Prodi S1 Perbankan Islam

Share:

WASATHA.COM, Banda Aceh - Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Serambi Mekkah kini memiliki program studi sarjana baru yaitu S-1 perbankan syariah.

Himbauan ini berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia  Nomor : 1167 Tahun 2019 Tentang Izin Penyelengaraan Program Sarjana Perbankan Syariah pada Universitas Serambi Mekkah.

Hal tersebut disampaikan oleh Dekan FAI pada yudisium sarjana fakultas yang berlangsung di Aula Dr. Mr. Teuku H. moehammad Hasan, Sabtu (22/02/2020).

Dekan FAI  H. Rahmadon, Dalam Sambutannya,  menyampaikan rasa syukur dan berbangga hati dengan keluarnya izin tersebut atas proses ikhtiar yang dilalui semenjak dua tahun yang lalu.

"Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasikan semua pihak yang telah membantu, baik tim fakultas, rektorat dan Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah atas capaian ini. Dan kita harapkan prodi yang akan dijalankan pada semester ganjil 2020/2021 ini dapat diterima dengan antusias di masyarakat dan juga menjadi unggulan dari Universitas Serambi Mekkah," ujarnya.

Ia menambahkan, prodi S1 Perbankan Syariah sejalan dengan kebijakan Pemerintah Kota Banda Aceh yang mewacanakan semua praktik perbankan konvensional beralih menjadi perbankan syariah pada 2021 sesuai dengan kekhususan Provinsi Aceh.

Yudisium FAI semester ini meluluskan sebanyak 115 mahasiswa, dari prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), D-3 Perbankan Islam dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

Dalam kesempatan tersebut, dekan berpesan kepada mahasiswa bahwa, tanggung jawab sarjana telah nyata berada di pundak kita secara bersama dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dan menjadi figur yang mampu membawa perubahan dalam kehidupan, sesuai dengan Visi FAI yaitu mencetak sarjana studi Islam profesional dengan mengedepankan kearifan lokal dan mendukung pelaksanaan Syariat Islam di Aceh.

Acara ini turut dihadiri oleh, Plt. Rektor USM, Ir. T. Makmur, M.Si seraya dan memberikan sambutan hangat dan apresiasi luar biasa terhadap capaian izin penyelenggaraan prodi baru bersamaan juga dengan yudisium yang berlangsung.

“Alhamdulillah FAI meyudisium mahasiswa pada hari, menunjukkan keabsahan anda menjadi Sarjana Agama Islam yang  selalu mengikuti perkembangan kemajuan teknologi, terutama di era 4.0 dan dapat membawa perubahan bagi masyarakat,” Harapnya.

Diakhir yudisium, Dr. Rahmadon menganugerahkan piagam penghargaan kepada sejumlah dosen yang berprestasi dan dosen senior yang memiliki dedikasi tinggi pada Fakultas Agama Islam Serambi Mekkah. [ ]

No comments