KPPA RI Gelar Bimbingan Teknis Jurnalisme Responsif Gender di Aceh

Share:

WASATHA.COM, Banda Aceh – Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia menggelar bimbingan teknis tentang jurnalisme resposif gender dan ramah anak bagi Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI), Kamis (20/2/2020) di hotel Hermes Palace, Banda Aceh.

Acara tersebut mengahdirkan peserta berjumlah 45 orang yang terdiri dari 35 orang anggota FJPI, 5 orang dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Aceh, dan 5 orang dari Anggota Forum PUSPA Aceh Keumalahayati.

Yosep Adi Prasetyo, jurnalis senior dan Uni Zulfiani Lubis, Pimpinan redaksi IDN Times turut hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini.

Hadir pula Susanti, S.SOS, MAP yang merupakan kepala bidang partisipasi media cetak KPPPA

“Dengan ini kita sama-sama berharap dapat bersinergi bersama, baik dari KPPPA dengan Dinas PPPA Provinsi Aceh termasuk dengan media massa dalam meningkatkan pemberitaan yang ramah anak dan responsif gender.” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Aceh

"Pemberitaan di media masih banyak yang belum ramah anak dan responsif gender, termasuk judul yang dibuat untuk menarik pembaca saja, kita semua berharap tidak ada adalagi hal yang demikian.” tegas Nevi dalam sambutannya.

“Perspektif media sangat penting dalam menyeimbangkan penulisan berita, agar dapat diterima diseluruh kalangan masyarakat dan tidak merugikan pihak korban.” Jelasnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi bagi anggota FJPI dalam meningkatkan pemahaman konsep gender dan perlindungan anak serta Memotivasi kesadaran atau empati terhadap pengarusutamaan gender dan pemenuhan hak anak sebagai prioritas dalam tiap tahapan jurnalistik. [ ]

No comments