Formap Aceh Gelar Aksi Tolak Deal Of Century ala Trump

Share:

Laporan: M.Rizki Ramadhan

WASATHA.COM-Banda Aceh - Puluhan masyarakat menggelar aksi melalui Forum Masyarakat Aceh Peduli (Formap) dan beberapa aliansi lainnya. Mereka menuntut Pemerintah Indonesia mengecam Deal of Century  di Tugu Simpang Lima, Jumat (7/2/2020)

Dalam aksinya mereka meyampaikan agar pemerintah segera memberikan kecaman terhadap proposal perdamaian yang di ajukan donald trum atau lebih di kenal dengan the deal of century yang di anggap sangat tidak adil terhadap rakyat palestina.

Rizki Suryadi koordinasi aksi meyampaikan bahwa hingga saat ini belum ada gerakan atau pernyataan sikap dari pemerintah sendiri.



"Kami dari segi pemerintah belum melihat adanya semacam pernyataan sikap dan lainya. Jadi ini awal kita untuk mengangkat isu ,agar tidak tenggelam, sedangkan dari berbagai belahan dunia mulai dari Prancis, Bahrain dari beberapa negara di Eropa bergerak untuk  menolak apalagi kita di Aceh yang menjalankan syariat islam, maka kita melihat saudara kita jauh disana, maka kita harus peduli dan bergerak untuk menyatakan sikap dan menolak," tegas Rizki.

Dalam aksi tersebut juga disampaikan beberapa tuntutan dan sikap, salah satunya ialah menuntut agar Donald Trum mencabut pernyataannya dan meminta perserikatan bangsa-bangsa atas memperjuangkan hak kemerdekaan Palestina dan hak memiliki tanah air sendiri.

Aksi ini juga menggandeng seluruh elemen masyarakat Aceh yang tergabung dalam komunitas maupun oragnisasi, termasuk rekan-rekan media, menyuarakan kembali kondisi Palestina.

Saat ini isu-isu Palestina terkesan tenggelam, sementara rakyat Palestina mengalami penderitaan tak berkesudahan.

Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam aksi ini yaitu Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), KAMMI Aceh, PII Aceh, Lentera Muda Aceh, TEKO, Dai Peduli, Kasih Palestina, Relawan Baitul Maqdis, BADKO HMI Aceh, Internasional Aqsa Institute (IAI), ACEH Peduli Palestina.

Rumoh Umat Indonesia, DPW Persatuan wartawan Aceh Banda Aceh, Pemuda Hidayatullah Aceh, Pejuang Subuh Aceh, LDK Al-Ihsan Unsyiah, LDK Fosma Unsyiah, V-Rider (Klub Rider), Front Pembela Islam (FPI), DEMA UIN Ar-Raniry, Al Washliyah Banda Aceh, PEMA Perguruan Tinggi Al Washliyah Banda Aceh dan DPP Radar Aceh

Aksi serupa juga sudah dilaksanakan oleh MRI Pidie, MRI Aceh Jaya, dan MRI Subulussalam. MRI lainnya yang akan melaksanakan aksi meliputi MRI Bireuen, MRI Aceh Utara, MRI Lhokseumawe, MRI Aceh Timur, MRI Langsa, MRI Aceh Selatan, dan MRI Aceh Tamiang. [ ]

No comments