Mahasiswa UIN Gugat Dekan Tarbiyah

Share:

WASATHA.COM, BANDA ACEH - Mahasiswa UIN Ar-Raniry menggugat kinerja Dekan Tarbiyah yang dianggap kurang perhatian terhadap mahasiswa di depan gedung Tarbiyah B UIN Ar-Raniry . Kamis (09/01/2019).

Aksi demo ini dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) sebagai bentuk ketidakpuasan terhapap kinerja Dekan Fakultas Tarbiyah saat ini.

Dalam aksi ini mereka menyampaikan bahwa UKT yang dibayar setiap semester tidak sesuai dengan fasilitas yang didapat oleh mahasiswa fakultas tersebut.

Salah satu ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPs), Muhammad Nazir putra yang ikut tergabung dalam massa aksi “Tarbiyah Menggugat” mengatakan, ada banyak permasalahan ditarbiyah yang akan digugat oleh mahasiswa, salah satunya terkait fasilitas kampus dan kesekretariatan HMPs yang kurang memadai serta ketidakjelasan mengenai informasi Pelatihan Praktek Program Keguruan dan Pengabdian Masyarakat (PPKPM).

Disamping itu, ketua Dema FTK Ahmad Khawani menuturkan bahwa fasilitas serta sarana dan prasarana di tarbiyah ini tidak memadai dengan 10.000 Mahasiswa, bahkan ada gedung kuliah yang tidak layak untuk ruang belajar, bahkan bisa dijadikan tempat ternak bebek jika hujan terjadi.

Namun demikian, Sebelum aksi demo ini dilakukan, Audia Rizqa selaku korlap menghimbau kepada seluruh mahasiswa untuk memastikan tidak ada penyusup yang menggangu selama aksi damai berjalan.

Selain itu, ia juga menegaskan agar setiap mahasiswa yang ikut serta dalam aksi tersebut menghindari tindakan anarkis yang merugikan diri sendiri, mahasiswa dan fakultas.

Sedangkan selama aksi berjalan di pandu juga oleh Muhammad Ikhbal selaku Korlap mimbar. Ia mengharapkan aksi ini dapat berjalan sesuai apa yang telah di cita-citakan oleh mahasiswa sepenuhnya.

Ada 6 tuntutan mahasiswa dalam aksi ini, yaitu:
1. Memperbaiki dan menambah Fasilitas sarana dan prasarana kampus,
2. Memberikan dukungan penuh terhadap Akreditas prodi dan fakultas,
3. Membereskan permasalahan keamanan kampus (Security FTK),
4. Memastikan kejelasan informasi terkait PPKPM,
5. Memastikan kejelasan informasi terkait UKT, dan
6. Keterbukaan beasiswa

Seluruh ketua lembaga lain yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan juga ikut berpartisipasi untuk menyampaikan keluh kesahnya terhadap berbagai permasalahan yang ada di Tarbiyah ini.

Menanggapi permasalahan ini Dekan FTK Muslim Razali mengatakan pihak fakultas dan jajarannya berjanji akan memfasilitasi massa pendemo serta mempertemukan dengan pihak Rektorat UIN Ar-Raniry pada pukul 03:00 waktu setempat. []

No comments