Iklan

Iklan

Mahasiswa Unsyiah Juara I KMI Award di Batam

11/27/19, 12:06 WIB Last Updated 2020-04-23T16:33:15Z



WASATHA.COM Banda Aceh - Mahasiswa Universitas Syiah Kuala berhasil meraih juara I Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Award, pada ajang Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2019. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dirjen Belmawa Kemenristekdikti ini, dilaksanakan pada tanggal 22 – 25 November 2019 di Politeknik Batam, Batam.

Pembina UPT Kewirausahaan Unsyiah Sarika Zuhri, ST. MT menjelaskan, KMI adalah ajang yang menampilkan hasil produk-produk inovatif dan calon-calon entrepreneur muda, yang merupakan mahasiswa dari seluruh Indonesia. 

Kegiatan ini diikuti oleh 104 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Delegasi Unsyiah yang di dampingi oleh Koordinator UPT Kewirausahaan Dr. Ir. Didy Rachmadi, M. P. dan Vanverdian ST selaku official. Di mana pada ajang ini, Unsyiah menampilkan empat produk untuk expo KMI, dan satu produk untuk Musyawarah Nasional Indonesian Student Entrepreneur Network (ISEN).

Adapun produk karya Mahasiswa Unsyiah yang berhasil lulus KBMI adalah, Buku Mitigasi Bencana yang dibuat oleh Jihan triana, Fedrix Sakbes, dan Ahmadzaki. Serta Dosen Pendamping Dr. Bambang Setiawan ST, M. Eng, Sc dari Prodi Teknik Geologi.

Lalu produk Bayikribo, yang dibuat oleh Rio Delvano dan Eko Anggriantoro. Dengan Dosen Pendamping Zahra Nelisa, S. Pd., M. Ed dari Jurusan Bimbingan Konseling, FKIP. Kemudian, produk Litopen 3D Printer hasil karya Alfy Yusyfa Fernanda dan Razi Adlani. Serta Dosen Pendamping Ahmadiar, S.T., M.Sc dari Jurusan Teknik Komputer.

Produk yang terakhir yaitu Aplikasi Percetakan Taksy, hasil karya Rahmi Aprilianti dan Sumarno. Dengan Dosen Pendamping Dr. Taufik Fuadi Abidin, M. Tech dari  Fakultas Kedokteran.

“Dari semua itu, produk Bayikrbo berhasil membawa Unsyiah meraih juara I untuk katagori makanan dan minuman,” ungkap Sarika.

Sementara itu khusus untuk produk ISEN, yang merupakan program pelatihan pendampingan untuk membina mahasiswa  yang telah berwirausaha. Unsyiah menampilkan produk Biolotion yang dibuat oleh Wahyu Wahidin, Mahasiswa dari Teknik Kimia.

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 124 Perguruan Tinggi dari seluruh Indonesia. Maka sebuah kebanggaan, Unsyiah merupakan salah satunya,” ungkap Dosen Teknik Industri Unsyiah ini.

Kepala UPT Kewirausahaan Prof. Dr.drh. Muhammad Hanafiah, MP berharap, semoga dengan terpilihnya unsyiah sebagai juara I pada KMI Award ini, bisa semakin  meningkatkan semangat juang mahasiswa  untuk terus mengikuti ajang kompetisi yang sama. Prestasi ini juga dihrapakan, menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk lebih sukses kedepan dan terus menghasilkan produk-produk yang inovatif.

“Insya Allah UPT Kewirausahaan siap membantu dan membina mahasiswa unsyiah yang memiliki minat berwirausaha. Semoga ke depannya Unsyiah bisa semakin banyak lagi menghasilkan calon-calon wirausaha muda mahasiswa yang kreatif dan inovatif,” pungkas Hanafiah.[]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahasiswa Unsyiah Juara I KMI Award di Batam

Terkini

Topik Populer

Iklan