Humas Unsyiah Gelar Pelatihan Teknik Menulis Berita

Share:
Mahasiswa Unsyiah yang sedang mengikuti pembekalan ilmu penulisan berita, Selasa (12/11/19)  

WASATHA.COM, Banda Aceh – Sejumlah mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dibekali  pelatihan penulisan berita di Gedung AAC Dayan Dawod, Ruang Flamboyan Lantai tiga, Selasa (12/11/2019) Banda Aceh.

Acara yang diselengarakan oleh Humas Unsyiah ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas menulis para mahasiswa dikampus tersebut.

Kepala Humas Unsyiah Chairil Munawir mengatakan, kegiatan ini diikuti puluhan mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas dan pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unsyiah.

“Kegiatan ini sebenarnya sebagai bekal untuk para mahasiswa dalam membuat sebuah tulisan, melihat banyak kegiatan yang diselengarakan Unsyiah belum terpublikasikan oleh banyak media, jadi dengan adanya acara pelatihan tersebut mahasiswa diharapkan jadi pandai meliput sekaligus menulis sebuah berita,” ujarnya.

Lebih lanjut Chairil mengatakan mahasiswa dalam pelatihan ini akan dibekali dengan materi jurnalistik serta diarahkan cara meliput berita di lapangan langsung.

“Dalam pelatihan ini mahasiswa akan berikan pemahaman tentang jurnalistik dasar, selain itu mereka juga akan praktek turun langsung ke lapangan untuk meliput berita dan kemudian tulisan yang mereke buat akan dibedah satu persatu nantinya,” sebutnya.

Sementara itu, Arif Ramdan Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry dalam materinya mengajak para mahasiswa Unsyiah agar selalu membiasakan diri untuk menulis supaya kualitas tulisannya bagus.

“Apabila kita sudah terbiasa menulis, tulis saja berita apapun itu untuk kelembagaan maka kebiasaan menulis itu yang akan memperbaiki kualitas tulisan kita, dan pastinya kita dibutuhkan oleh lembaga tersebut,” ujarnya.

Ia juga mengutarakan bahwa unsur berita merupakan hal terpenting yang harus diingat bagi pembuat berita.

“Bagi seorang penulis berita, pemahaman tentang unsur-unsur dalam sebuah tulisan harus sangat diperhatikan, hal tersebut bertujuan supaya kita semua terhindar dari pemberitaan hoax,” jelasnya.

Rahmad Fadillah, salah satu peserta dalam acara mengatakan pelatihan jurnalistik tersebut sangat bermanfaat bagi para mahasiswa Unsyiah.

“Pelatihan jurnalistik dasar ini sangat berguna bagi saya yang dasarnya bukan penulis. Setelah mengikuti acara ini saya mulai merasakan bahwa jurnalistik itu ternyata sangat menarik untuk dipelajari,” tandasnya.

Rahmad juga berharap setelah mengikuti kegiatan tersebut ia setidaknya bisa menulis dengan baik dan benar untuk sebuah media. []



No comments