UIN Sunan Ampel Surabaya Studi Banding ke FAH UIN Ar-Raniry

Share:

WASATHA.COM, BANDA ACEH – Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya melakukan studi banding ke Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Kamis (10/10/2019).

Kehadiran rombongan tersebut disambut langsung oleh Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Dr Fauzi Ismail MSi beserta para wakil dekan dan seluruh sivitas akademika Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry.

Dekan FAH UIN Ar-Raniry, Dr Fauzi Ismail MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya merasa sangat senang dan menyambut baik kedatangan rombongan dari Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya.

Fauzi berharap semoga dengan adanya studi banding ini akan terus terjalin hubungan baik antara kampus UIN Ar-Raniry khususnya Fakultas Adab dan Humaniora dengan UIN Sunan Ampel Surabaya kedepannya.

“Kami sangat menyambut baik, semoga ini awal yang baik untuk melakukan kerjasama antara Fakultas Adab dan Humaniora dan FAH UIN Sunan Ampel kedepan,”kata Fauzi disela-sela menerima kunjungan dari pimpinan FAH UIN Sunan Ampel Surabaya, Kamis (10/10) di ruang Rapat Dekan FAH kampus setempat.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FAH UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr Muhamamd Kurjum Mag menjelaskan bahwa kunjungan studi banding ke Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry untuk menjalin silaturrahmi dan melakukan dialog untuk menambah wawasan tentang sistem pembelajaran dan studi pembukaan program studi Ilmu Perpustakaan.

“Salah satu tujuan dari studi banding ini untuk menggali informasi mengenai peluang pembukaan prodi baru dan eksistensi Ilmu Perpustakaan,”kata Muhammad Kurjum selaku ketua rombongan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry, Nurhayati Ali Hasan MLIS membahas tentang profil Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry khususnya Prodi Ilmu Perpustakaan. Dalam pertemuan tersebut, Nurhayati juga berbagi pengalaman bagaimana awalnya proses pengusulan Prodi Ilmu Perpustakaan, tata kelola prodi serta peluang dan prospek lulusan Ilmu Perpustakaan.

“Prodi Ilmu Perpustakaan merupakan satu-satunya di Aceh untuk saat ini, dan Prodi S1 Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry untuk sementara ini merupakan prodi termuda di Fakultas Adab dan Humaniora dan mulai menerima mahasiswa perdana pada tahun 2006,”kata Nurhayati.

Lahirnya Prodi ini, kata Nurhayati dengan dasar pertimbangan bahwa information is power (informasi adalah kekuatan) dan perpustakaan sebagai salah satu pusat sumber infromasi bagi masyarakat. Sehingga perpustakaan perlu dikelola secara professional agar mampu menciptakan masyarakat informasi (literate society) semakin cepat akses dan penguasaan informasi akan semakin menunjang profesionalisme seseorang dalam menjalankan tugas dan aktivitasnya.

“Aktivitas pengumpulan, pemprosesan dan penyebaran informasi menjadi kegiatan yang signifikan dalam kehidupan masyarakat di era informasi. Peran lembaga pengelola informasi seperti perpustakaan juga semakin strategis,”katanya.

Rombongan dari Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya terdiri dari, wakil dekan bidang akademik dan kelembagaan, Dr Mohammad Kurjum MAg, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Dr Hj. Muzaiyanah, M.Fil.I, Kasubbag Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, Lilis Maslakah, S.E, M.M dan Endah Sudarwijati, S.Ag., M.M selaku Kasubbag Perencanaan, Akuntansi, dan Keuangan.

No comments