Peringati Hari Jadi ke 56, UIN Ar-Raniry Berikan Sejumlah Penghargaan

Share:


WASATHA.COM, BANDA ACEH - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menggelar rapat senat terbuka dalam rangka memperingati hari jadi ke- 56 tahun kampus tersebut, Kamis (31/10) di Auditorium Ali Hasjmy Kopelma Darussalam Banda Aceh.

Rapat senat tersebut dirangkai dengan dua orasi ilmiah yang disampaikan oleh Prof Muhammad Sattar Rasul, dosen senior dari Universiti Kebangsaan Malaysia dan mantan Rektor IAIN Langsa Dr H Zulkarnaini MA.

Pada kegiatan tersebut rektor juga memberikan berbagai penghargaan kepada unit, pegawai dan mahasiswa yang berprestasi baik nasional maupun internasional.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof H Warul Walidin AK MA dalam sambutannya mengatakan bahwa pada usia ke- 56 tahun, UIN Ar-Raniry terus berupaya mengembangkan berbagai disiplin ilmu keislaman maupun sains modern sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman di era revolusi industri 4.0.

Karena itu, kata Rektor bahwa tuntutan tersebut tidak dapat dihindarkan, namun harus disambut dengan mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk mengisi era Revolusi Industri 4.0 dan menuju 5.0 yang penuh dengan disrupsi ini.

Ia mengatakan, semangat baru harus terus dibangun antara lain UIN Ar-Raniry harus menjadi pusat edukasi dan pusat terunggul dan jaya serta harus mencapai derajat dan tingkat-tingkat yang diinginkan terutama dalam akreditasi.

Selain itu, di usianya ke-56 UIN Ar-Raniry juga telah mempersiapkan banyak hal termasuk rencana membangun fakultas-fakultas baru seperti Fakultas Kedokteran berdasarkan konsep epistimilogi dan aksiologi secara Islami serta dipadukan secara interkoneksitas dan integrasi dengan sains modern yang ditunggu-tunggu oleh umat.

Rektor mengatakan UIN Ar-Raniry bercita-cita akan membangun Rumah Sakit Islam “Al Musthafa UIN Ar-Raniry” sebagai pusat kesehatan yang terbaik.

“Rencana pembukaan fakultas-fakultas baru seperti fakultas kedokteran yang kita bangun berdasarkan konsep epistemologi dan aksiologi secara Islami dan kita padukan secara Entrepreneurship dan integrasi dengan sains modern, kedokteran modern dan juga farmasi modern,” kata Warul.

Dalam kesempatan tersebut, Warul Walidin juga mengungkapkan bahwa dengan semangat baru melalui refleksi peringatan Hari Jadi UIN Ar-Raniry bertekad menjadikan UIN Ar-Raniry sebagai pusat edukasi dan riset terunggul dan terpercaya.

Ketua Panitia, Dr Syabuddin M.Ag, menyebutkan berbagai kegiatan telah dilaksanakan baik bersifat akademik maupun kemahasiswaan diantaranya kegiatan sosial seperti aksi donor darah, Ar-Raniry Creative Fair, home visit ke rumah dan kediaman para sesepuh, terutama yang sedang sakit.

Selain itu aneka lomba seperti lomba tarik tambang antar fakultas dan lembaga di UIN Ar-Raniry, lomba mewarnai bagi anak-anak keluarga besar UINAR, lomba hafal Al-Quran juz 30, lomba baca puisi dan beberapa perlombaan lainnya.

“Pada hari puncak milad ke-56, juga diberikan penghargaan kepada para mahasiswa dan dosen berprestasi baik tingkat nasional maupun internasional, pejabat struktural, PNS dan Non PNS berprestasi, petugas keamanan, petugas kebersihan dan pengelola jurnal terbaik dan unit kerja terbersih serta penyerahan zakat kepada fakir miskin dan santunan anak yatim,” kata Syahbuddin selaku Wakil Rektor bidang Administrasi Umum, Keuangan dan Perencanaan.

Pada rapat senat tersebut yang merupakan puncak peringatan hari jadi ke 56 UIN Ar-Raniry turut hadir sejumlah pejabat dan para tamu undangan lain.[]

No comments