Mahasiswa UIN Ar-Raniry Dibekali Kemampuan Public Speaking

Share:


 Laporan: Anita Sari

WASATHA.COM, BANDA ACEH - Puluhan mahasiswa UIN Ar-Raniry mengikuti workshop publik speaking yang bertema “Berani berbicara dan tunjukkan kualitas diri melalui publik speaking” di Aula Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Sabtu (28/9) pagi.

Workshop tersebut diisi oleh dua pemateri yakni Dr Hendra Saputra, Ketua Prodi Komunikasi Penyiaran Islam dan Vera Nova M. Psi.

Acara yang dihadiri 90 mahasiswa tersebut bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam dunia publik speaking.

Dr Hendra Saputra menjelaskan, publik speaking menjadi point penting karena sangat perlu dan sering digunakan pada berbagai bidang profesi dalam meningkatkan kepercayaan diri.

Selain itu, ia menambahkan bahwa public speaking sangat berguna dan berpengaruh kepada mahasiswa ketika menempuh perkuliahan.

Sementara Vera Nova M. Psi, menjelaskan cara mempersiapkan fisik dan psikologi ketika menghadapi audiens di depan umum.

Ia juga memberikan beberapa tips dan cara instan menghilangkan rasa takut ataupun rasa tidak percaya diri saat tampil berbicara di depan umum.

Herizal Ramadhan, mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang menjadi salah satu peserta seminar workshop ini mengatakan kegiatan tersebut sangat bermanfaat khususnya kepada mahasiswa untuk memahami lebih dalam mengenai publik speaking dan cara berbicara yang benar di depan umum.

Dengan workshop tersebut saya bisa lebih memahami dalam lebih paham lagi tentang public speaking untuk menambah kepercayaan diri saat berbicara di depan umum,” ujarnya.

Adapun workshop tersebut berlangsung hingga sore hari. Setelah acara itu, para mahasiswa dan pemateri melakukan sesi foto bersama sebagai dokumentasi kegiatan.[]

No comments