Kabut Asap Mulai Selimuti Seluruh Aceh

Share:
Pemandangan Muara Krueng Alue Naga, Banda Aceh yang mulai diselimuti kabut asap, Senin (23/9/2019). (Arif Ramdan | Wasatha.com)


WASATHA.COM, BANDA ACEH
- Seluruh daerah di Provinsi Aceh hari ini diselimuti kabut asap kiriman dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di beberapa wilayah di Sumatera. Kabut asap di Tanah Rencong mulai tampak sejak pagi tadi.

Langit Kota Banda Aceh hari ini tampak diselimuti kabut asap. Suasana terlihat seperti mendung. Kabut asap yang terjadi di ibu kota Provinsi Aceh masih tipis.

BACA JUGA: Bau Menyengat dari Kabut Asap, Warga Banda Aceh Sulit Bernapas

"Beberapa hari yang lalu kabut asap membungkus Aceh hanya beberapa kabupaten/kota saja. Namun pagi ini kabut yang kita perkirakan merupakan kabut asap telah menyelimuti seluruh Provinsi Aceh, termasuk Banda Aceh dan Aceh Besar," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Aceh Zakaria Ahmad kepada wartawan, Senin (23/9/2019).

Menurut Zakaria, berdasarkan data sebaran asap yang dirilis BMKG Pusat hari ini tidak terlihat adanya sebaran asap di Aceh. Hal itu, jelasnya, karena ada kemungkinan kelemahan satelit.

"Di mana satelit tidak dapat memantau asap bila tertutup awan dan seperti kita tahu sekarang Aceh sedang banyaknya tumbuh awan hujan, maka wajar bila kita lihat dari peta sebaran asap tidak terdeteksi adanya paparan asap di Provinsi Aceh," jelas Zakaria.[Sumber: detiknews.com]

No comments