Sebanyak 41 Tenaga Pendidik Aceh Ikuti Seleksi Program Beasiswa 5000 Doktor

Share:

Peserta yang sedang mengikuti ujian di salah satu Gedung Pascasarjana UIN Ar-Raniry
WASATHA.COM, Banda Aceh - Sebanyak 41 calon penerima beasiswa mengikuti seleksi Program Beasiswa 5000 Doktor dari Kementerian Agama (Kemenag) RI di Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Rabu (7/8/2019) Banda Aceh.

Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry Prof Mukhsin Nyak Umar mengatakan, Program 5000 Beasiswa Doktor dalam negeri ini terdiri dari beasiswa program Doktor (full scholarship).

“Untuk beasiswa program doktor (full scholarship) merupakan beasiswa Kemenag RI yang ditujukan bagi dosen dan tenaga kependidikan yang bekerja pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) atau pegawai Kemenag yang ingin menempuh studi jenjang doktor (S3) di perguruan tinggi berkualitas di dalam negeri,” ujarnya.

Menurutnya, Program Beasiswa 5000 doktor ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan PTKI melalui pendidikan S3 di berbagai perguruan tinggi berkualitas.

Sementara itu Dr Agusni Yahya, Wakil Direktur Pascasarjana UIN Ar-raniry menjelaskan seleksi ini dilaksanakan secara terbuka dengan materi Test Potensi Akademik, Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Wawancara.

“Seleksi dilaksanakan dua hari yaitu hari Rabu dan Kamis pada (7-8/8). Para peserta yang lulus nanti memiliki kontribusi terbaik pada bidang Ilmu Fiqh Modern Karena mulai tahun 2015 Pascasarjana UIN Ar-Raniry ditunjuk sebagai rujukan Nasional Program Ilmu Fiqh Modern Oleh Kemenag RI,” sebutnya.

Ia juga mengatakan jumlah peserta yang mengikuti seleksi sebanyak 41 orang, dari jumlah tersebut 17 orang memilih program studi di Pascasarjana UIN Ar-Raniry, selebihnya mereka memilih program studi di luar Aceh.

“Universitas yang banyak diminati oleh peserta tahun ini adalah UIN Sumatera Utara Medan, UIN Syarif Hidayatullah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, dan beberapa perguruan tinggi lainnya,” pungkasnya.[]


No comments