Ar-Raniry Bersih dari Paham Radikal

Share:
UIN Ar-Raniry Prof Dr Warul Walidin, MA menyerahkan cindera mata kepada Direktur Pencegahan BNPT, Brigjen Pol. Ir. Hamli, M.E,


WASATHA.COM, BANDA ACEH - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry,  Banda Aceh dipastikan menjadi kampus yang bersih dari paham radikalisme dan gerakan teroris.

Hal itu dikatakan Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Warul Walidin, MA,  Rabu (28/8) saat membuka Dialog Pelibatan Civitas Akademika dalam pencegahan terorisme di Aula Biro Rektor dalam rangkaian Pembekalan Budaya Akademik.

"Dalam upaya menjaga persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman masyarakat, kurikulum pembelajaran tidak terlepas dari perpaduan antara nilai-nilai keislaman, ilmu pengetahuan modern dan wawasan kebangsaan," kata Rektor seraya menambahkan khusus pembekalan wawasan kebangsaan dipandu tim dari Kodam Iskandar Muda.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama FISIP UIN Ar-Raniry, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT)  Aceh.

Dialog ini diikuti oleh 232 mahasiswa
baru (Maba) FISIP, civitas akademika dan sejumlah tamu undangan.

Ketua FKPT Aceh. Prof. Dr. M. Hasbi Amiruddin berharap, perilaku-perilaku yang mengarah kepada terorisme tidak boleh ada di lingkungan perguruan tinggi khususnya UIN yang selama ini menyuarakan Islam Rahmatan Lil alamin.

"Jika terjadi di kampus berlabel Islam, tuduhan buruk bukan hanya ditujukan bagi orang-orang didalamnya tapi juga untuk agama Islam," katanya.

Rangkaian kegiatan bertemakan “Jaga Kampus Kita”, diisi dengan penyampaian materi oleh Direktur Pencegahan BNPT, Brigjen Pol. Ir. Hamli, M.E, dengan tema kebijakan dan strategi pencegahan terorisme bersama Perguruan Tinggi.

Berikutnya Yudi Zulfahri yang menyampaikan materi Testimoni Mantan Anggota Jaringan Terorisme, dan  Dr. Mukhlisuddin Ilyas, M. Pd dengan materi hasil pemetaan potensi radikalisme dan Terorisme di Aceh.

Serta materi Penguatan Daya Tangkal Civitas Akademika, terhadap pengaruh paham radikal Terorisme oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FISIP UIN, Muhammad Thalal, Lc, M.Ed. []

No comments