4.568 Maba UIN Ar-Raniry Ikuti Acara PBAK

Share:
Terlihat Maba membentuk koreografi UIN ACEH | Foto: Ahmad Sayuti
Laporan: Sa'adatul Abadiah, Mabrur dan Ahmad Sayuti

WASATHA.COM, Banda Aceh – Sebanyak 4.568 mahasiswa baru (maba) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, mengikuti orientasi Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), Senin (26/8/2019) Banda Aceh.

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari mulai dari Senin-Rabu (26-28/8) yang dipusatkan di kampus setempat.

Uniknya dalam acara ini para maba berbaris dengan formasi koreografi berbentuk tulisan “UIN ACEH.”

Sementara itu Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Warul Walidin mengatakan kegiatan ini merupakan pembekalan kepada mahasiswa untuk mengenali suasana perkuliahan di kampus tersebut.

“Salah satu tujuan dari PBAK ini adalah untuk bagaimana mahasiswa bisa memahami tentang norma-norma akademik dan sistem yang berlaku dalam kampus UIN Ar-Raniry,” sebutnya.

Ia juga menjelaskan, program PBAK itu sangat diperlukan karena memudahkan mahasiswa ketika mengembangkan pengetahuan akademiknya serta skill dan kemampuan saat menjalani perkuliahan kedepan.

“Dari PBAK ini mereka bisa memperoleh informasi mengenai unit-unit kegiatan mahasiswa yang mereka bisa masuk kedepan, baik itu bakat dan minat ataupun lainnya untuk pengembangan kualitas dirinya selama berkuliah,” terangnya.

Selain itu, Prof Warul Walidin berharap agar para mahasiswa baru tersebut dapat berkuliah dengan serius guna memajukan negeri dan bisa mencerdaskan generasi kedepan.

“Krue Seumangat, selamat kepada mahasiswa baru yang telah memilih UIN Ar-Raniry. Belajarlah sungguh-sungguh dan hargai ilmu,” pesannya.

Sementara itu, Presiden mahasiswa UIN Ar-Raniry, Rizki Ardial juga memberikan orasi ilmiah nya dalam pengenalan budaya akademik kemahasiswaan.

PBAK UIN Ar-Raniry tahun ini mengusung tema “Membentuk Karakter dan Integritas Mahasiswa Yang Religius, Intelek Serta Sadar Akan Fungsi Tanggung jawab Sebagai Generasi Bangsa dan Negara.”

Adapun sejumlah petinggi kampus serta akademisi turut hadir dalam kegiatan ini. Selain itu, turut hadir juga Kolonel Infrantri Kosasih, Pamen ahli Kodam Iskandar Muda dan Kolonel Infantri Yunardi, Pamen ahli Pangdam Iskandar Muda serta AKBP Drs Arsyad, Wadir Binmas Polda Aceh. []

No comments