Prodi Biologi Gelar Seminar Nasional Biotik ke VII

Share:



 Suasana penyampaian materi kepada para mahasiswa Biologi
Laporan: Helena Sari dan Meli

WASATHA.COM, Banda Aceh - Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menggelar seminar Nasional Biotik ke VII 2019, di Auditoriom Ali Hasjmy, Rabu (10/7/2019).

Acara yang mengusung tema Solusi Problematika Jaringan untuk Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) ini menjadi wadah pertukaran informasi antara mahasiswa dan para peneliti professional.

Kegiatan tahunan ini diikuti dengan antusias oleh ratusan mahasiswa jurusan Biologi.

Samsul Kamal, Kepala Prodi Biologi mengatakan seminar nasional ini dibuat untuk memfasilitasi dosen dan mahasiswa dalam hal publikasi ilmiah serta membiasakan mahasiswa untuk menulis hasil dari risert yang akan di persentasikan di forum ilmiah.

"Artikel yang dihasilkan oleh mereka nanti akan di publis pada jurnal, dan akan diterbitkan secara cetak serta online juga.  Selain itu dengan adanya acara ini skill mereka dalam menulis akan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun," ujarnya.

Selain itu kegiatan ini dihadiri oleh empat narasumber diantaranya Prof. Alikodra guru besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Hasruddin, M. Pd Ketua Himpunan Pendidik dan Peneliti Biologi Indonesia (HPPBI) Medan, M Nur direktur Eksekutif Walhi Aceh,  dan Panut Hadisiswoyo pendiri lembaga orang hutan di Sumatra.

Ketua Panitia, Khairun Nisa berharap dengan terselengaranya kegiatan tersebut bisa menumbuhkan kesadaran serta etika kepada setiap mahasiswa terhadap alam.

"Kita ini bergantung kepada alam sementara alam tidak terlalu membutuhkan kita, hal inilah yang perlu kita ajarkan pada moment ini karena merekalah ujung tombak dari segalanya dengan harapan ketika menjadi pendidik mereka dapat mengajarkan generasi penerus akan pentingnya menjaga alam yang terus menjadi sumber manfaat untuk manusia," jelasnya.

Acara ini juga memamerkan berbagai penemuan ilmiah hasil uji laboratorium mahasiswa, di antaranya Nata de Nipah, Creme chese, cempedak tempe, dan kecap dari kacang merah.[]










No comments