Usai Lebaran, Kopelma Darussalam Masih Sepi Pengendara

Share:


 Suasana Kopelma Darussalam, Kamis (13/6/2019). (Foto: Nadia Rifka).

WASATHA.COM, Banda Aceh - Tiga hari setelah Idul Fitri 1440 Hijriah, sejumlah jalan-jalan di kawasan Kopelma Darusalam terlihat masih sepi pengendara. Meskipun libur lebaran telah usai, namun aktivitas masyarakat sekitar belum sepenuhnya beroperasi sebagaimana biasanya, Darussalam, Banda Aceh, Kamis (13/6/2019).

Wilayah yang didominasi oleh  para mahasiswa ini, biasanya tidak pernah sepi pengendara. Mengingat Kopelma  adalah  kota para mahasiswa, dimana ada dua Universitas Negeri yang terletak disana yakni  Universitas Islam Negeri (UIN)  Ar-Raniry dan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah).

Meski masa kerja dan kegiatan perkuliahan sudah kembali aktif, namun sejumlah mahasiswa terlihat masih menikmati libur di kampung halaman. Banyak dari mahasiswa menganggap bahwa minggu awal pasca liburan aktivitas di hari kerja masih belum sepenuhnya aktif sebagaimana biasanya. Selain itu, beberapa mahasiswa juga telah mengakhiri perkulihan lebih awal seperti beberapa fakultas yang terdapat di Unsyiah.

 “Alasan saya balik cepat pertama meamang karena udah mulai kuliah, terus kampung saya pun gak terlalu jauh dari Banda Aceh. Biasa Sabtu-Minggu sering pulang kampung juga. Rata-rata yang belum balik ke Banda Banyak kawan-kawan yang kampungnya jauh. Kayak Aceh Timur, Nagan, Meulaboh,” Kata  Zakiah salah satu mahasiswi UIN Ar-Raniry.

Padatnya arus balik lebaran juga menjadi alasan sebagian mahasiswa untuk tidak aktif di minggu pertama perkuliahan, dikarenakan banyak dari mereka tidak kebagian tiket akibat terjadi penumpukan penumpang dibeberapa titik lokasi arus balik. Walau demikian, sebagian proses perkulihan tetap berlangsung seperti biasanya.

“Kalau Jurusan kami banyak dosen yang udah masuk. Yang belum balik dari kampung sebagian nanti alasannya izin, sakit, atau gak ada kabar. Pokoknya udah lumayan aktiflah perkuliahan kami.” Kata Zakiah. [Nadia Rifka].




No comments