Kuliner Aneh, Rasa Menggoda Khas Aceh Rayeuk

Share:


WASATHA.COM, Aceh Besar - Kue ini merupakan salah satu makanan khas dari daerah Aceh Besar, orang Aceh besar sering menyebut makanan ini dengan nama yang sedikit agak unik dan bikin pendengarnya jadi tertawa  yaitu Limpeng. 

Yang biasanya dijadikan peneman kopi pagi atau kupi beungoh yang sering di santap oleh berbagai kalangan diwarung kopi karena adanya kecocokan yang harmonis antara rasa kopi dan kue limpeng ini. 

Tetapi banyak juga masyarakat Aceh Besar yang sengaja membuat kue ini untuk di santap kapan saja mereka mengingginkannya 
Kue ini sangat mudah cara pembuatannya, selain bahannya mudah untuk didapatkan,  cara memasaknya pun juga sangat praktis, hanya di masukkan kedalam  daun pisang dan dipanggang atas kuali. 

Kue ini mempunyai ciri khas tersendiri dengan parutan kelapa didalamnya yang di campur dengan gula pasir dan sedikit garam,dan  bahan dasar pembuatan limpeng ini hanya tepung beras ketan yang hanya diaduk dengan sedikit air dan ditambahkan sedikit garam.  

Sederhana tetapi luar biasa rasanya, walaupun kue limpeng ini sangat mudah sederhana  dari cara pembuatannya maupun dari bahan-bahannya,  kue ini  memiliki cita rasa yang sangat enak, sehingga banyak peminat terhadap kue khas Aceh Besar ini. 

Nah, bagi kalian yang ingin mencobanya, kue ini tidak semua tempat tersedia penjualannya, hanya didaerah perdesaan tertentu saja, yang dijadikan  oleh masyarakat  sebagai mata pencaharian untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, seperti di daerah indrapuri, kutamala. kue ini sering dijajakan oleh masyarakat pada saat pagi hari di warung-warung kopi . [Ulfa Harfa]

No comments