Iklan

Iklan

Dinsos Aceh Kukuhkan Gampong Mon Mata Sebagai Kampung Siaga Bencana ke 26 di Aceh

Mabrur Muhammad
5/02/19, 00:51 WIB Last Updated 2019-05-01T17:51:07Z




WASATHA.COM, Banda Aceh -
Dinas Sosial Provinsi Aceh melaksanakan pelatihan sekaligus melakukan pengukuhan Gampong Mon Mata, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya, sebagai Kampung Siaga Bencana (KSB) ke 26 di Aceh, Selasa (1/5/2019). 

Pelatihan sekaligus pengukuhan KSB tersebut berlangsung di lapangan bola kaki Gampong Mon Mata, Kecamatan Krueng Sabee yang turut dihadiri Kadis Sosial Provinsi Aceh) Drs Alhudri MM, Staf Gubernur Aceh Bidang Sosial, Fauzan Azima, Bupati Aceh Jaya, T.Irfan TB bersama wakil serta unsur Forkopimda Aceh Jaya.

Seusai pengukuhan KSB, Alhudri, kepada awak media mengatakan, pengukuhan Gampong Mon Mata sebagai KSB tersebut bertujuan untuk memberikan dan pemahaman meningkatkan pemahaman serta keahlian tentang manajemen penanggulangan bencana berbasis Masyarakat dalam rangka pengurangan resiko bencana kepada masyarakat Aceh Jaya, khsusnya Kecamatan Krueng Sabee dari risiko dan ancaman bencana. 

"Apa lagi daerah Aceh Jaya merupakan salah satu daerah yang rawan bencana terutama banjir," katanya. 

Oleh karena itu, dengan adanya KSB yang melibatkan langsung masayarakat setempat, Alhudri berharap dapat meminimalisir jatuhnya korban saat bencana datang, paling tidak sudah mengetahui arah penyelamatan diri 

“KSB ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seluruh elemen masyarakat terhadap musibah bencana yang juga menjadi ancaman bagi stabilitas pemerintah daerah maupun secara nasional,” kata Alhudri.

Menurut Alhudri, KSB di Aceh sudah terbentuk sebanyak 25 KSB yang tersebar di 23 setiap kabupaten/kota, dan Kecamatan Krueng Sabee merupakan KSB yang ke 26 di Provinsi Aceh. 

Untuk itu, ia menambahkan, KSB ini juga untuk memberikan kepastian dan kesinambungan serta memperkuat hubungan sosial antar anggota masyarakat, serta untuk mengoptimalkan potensi dan sumber daya untuk penanggulangan bencana. 

Sementara itu Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB menyampaikan, atas nama Pemerintah Aceh Jaya pihaknya sangat menyambut baik atas terbentuknya KSB di Gampong Monmata, sehingga kedepan bisa terkurangi dalam upaya menghadapi bencana.

Ia berharap KSB Gampong Monmata ini bisa mensosialisasikan ke gampong-gampong lainnya di Kecamatan Krueng Sabee dalam menghadapi bencana dan resiko bencana.

"KSB yang dikukuhkan ini, kedepan bisa menjadi salah satu gampong yang menjadi contoh bagi desa lainnya dalam upaya menghadapi bencana," cetus T. Irfan TB.

Pembentukan KSB di Gampong Mon Mata ini telah berlangsung sejak 29 April - 1 Mei 2019 yang diikuti oleh 60 orang dari masyarakat Gampong Mon Mata dan tim Tagana Aceh Jaya serta Tagana Provinsi Aceh. 

Selain Apel, pada kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis peralatan operasional Kampung Siaga Bencana ke gampong setempat. []
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dinsos Aceh Kukuhkan Gampong Mon Mata Sebagai Kampung Siaga Bencana ke 26 di Aceh

Terkini

Topik Populer

Iklan