Rex Peunayong, Pusat Kuliner di Sudut Pecinan Banda Aceh

Share:
Kawasan Rex Peunayong [FOTO: HELENA/WASATHA]

“Singgah Dek, mau makan apa? di sini saja makan Nasi goreng jus juga ada” kata seorang ibu muda dengan ramahnya mencoba menarik pelanggan.

Suasana seperti ini akan anda rasakan ketika ada berada di kawasan yang banyak dihuni warga Tionghoa ini.

Siapa tak kenal dengan Rex Peunayong salah satu pusat kuliner di Banda Aceh dengan nuansa street food yang tampak ramai kala malam tiba. Banyak pedagang yang membuka lapak-lapak untuk menjajakan aneka makanan dengan menu memikak lidah tentunya. Uniknya, jika diperhatikan banggunan Rex Peunayong seperti dipoles menyerupai gelombang yang melingkar lengkap dengan tirai diatasnya.

Tentu mudah menemukan salah satu pusat kuliner andalan muda mudi karena letaknya yang strategis, beralamat di Jalan Ratu Safiatuddin, Peunayong,  Banda Aceh. Aktivitas Rex Peunayong bergeliat ketika malam hari karena di kelilingin oleh penginapan seperti hotel dan minimarket toko souvenir Aceh, warung makan hingga salon.

Tatanan meja dan kursi yang rapi lagi bersih menjadi tempat nyaman bagi kalangan muda mudi maupun keluarga yang ingin mencari santapan malam, banyak pengamen yang datang untuk menghibur pelanggan dengan suara khas mereka.

“Biasanya kami mulai berjualan pukul 16.00 atau paling tela 17.00, dan pengunjung akan memenuhi Rex seusai shalat Magrib,” kata Fazli seorang penjual minuman ringan.



Rex Peunayong tak pernah sepi dan selalu hidup di malam hari. Banyak muda mudi yang memilih duduk diteras untuk menikmati langit Banda dan riuhnya halu haling lalu lintas.

“Malam hari Rex dipenuhi dengan anak muda maupun keluarga, apalagi kalau malam minggu. Lokasi ini akan dipadati oleh rombongan keluarga hingga jam 10.00 wib saja selebihnya ya menjadi tempat tongkrongan anak muda main main gitar sambil bernyanyi,” ujar Zainuddin seorang petugas parkir sembari merapikan  motor para pengunjung.

Cita rasa nusantara

Layaknya cita rasa Nusantara Rex Peunayong menawarkan menwarkan berbagai macam menu dan varian harga yang tidak menguras kantong tentunya. Aneka olahan Nasi seperti Nasi Soto, Nasi kuning, Nasi Bebek, Nasi Uduk, juga Nasi Goreng, menjadi menu favorit karna sangat cocok dengan lidah siapa saja.

Tak tertinggal pula Mi Aceh serta jenis sate seperti satai matang, satai padang dan satai kacang, biasanya yang kaya dengan bumbu dan rempah Indonsia.


Gerobak Kerang rebus dapat ditemui disetiap sudutnya, olahan yang kelihatannya sederhana ini sangat nikmat untuk dinikamati asalkan kita jeli dalam melilih, lapak mana yang menjual kerang tidak berbau amis dan sambal cocolnya yang enak.

“Kerang Rebus menjadi pilihan favorit saya kalau ke Peunayong tapi jangan salah karena tidak semua Tempat menjual Kerang sesuai dengan keinginan kita,” ujar Mutia, slaah satu pengunjung Rex Peunanyong

Anek jus buah segar, kopi aceh, dan minuman sachet menjadi pelengkap acara makan anda dengan harga bersahabat kisaran 5 hinga 10 ribu saja. [Helena Sari]

No comments