Petani Indra Damai Serentak Tanam Padi Awal Tahun

Share:
Mardi, Petani Indra Damai Sedang Menanam Padi (Foto : Chandra)


WASATHA.COM, ACEH SELATAN – Petani di Desa Indra Damai, Kabupaten Aceh Selatan serentak menanam padi diawal tahun sesuai hasil keputusan pada Kenduri Blang, Kamis (18/1/2019).

“Sesuai hasil kesepakatan pada Kenduri Blang, kami mulai menanam padi dalam minggu ini. Kalau turun sawah sudah sejak awal bulan Januari 2019,” kata Endra Kurniawan, Sekretaris Desa Indra Damai, Aceh Selatan.

Desa Indra Damai merupakan daerah pertanian tanaman padi yang memiliki luas lahan 2.000 hektare, akan tetapi petani hanya bisa menanam padi setahun sekali karena irigasi di tempat tersebut belum maksimal berfungsi untuk mengaliri air ke sawah-sawah. Sehingga jadwal tanam hanya menanti apabila memasuki musim hujan.

Hasil panen padi biasanya hanya untuk di konsumsi sendiri oleh para petani dan jika hasil panen bagus baru petani menjualnya sebagian.

Mardi salah seorang petani, berharap mudah-mudahan pada hasil panen nantinya dapat sesuai harapan dan tidak ada kendala.

“Semoga dengan hasil panen yang bagus, petani bisa menghidupi keluarga walaupun nanti sewaktu-waktu tidak bisa bertani karena sakit, setidaknya mereka masih ada bekal untuk makan dari hasil panen nanti,” pungkasnya. []

No comments