Penawaran Quota Internet Gratis, Itu Penipuan!

Share:

Foto : Ilustrasi
ANDA pernah menerima sms atau pesan berantai di WhatsApp terkait quota internet gratis? jika tidak klik hari ini maka kesempatan itu sia-sia.

Hati-hati dengan penawaran itu, sebab dipastikan jika anda klik tautan yang ada mengarah ke situs-situs tidak direkomendasi dan mengandung virus.

Direktur Eksekutif Masyarakat Informasi dan Teknologi (MIT) Teuku Farhan mengatakan, jika pengguna smartphone tergiur tawaran tersebut lalu mengklik maka akan membahayakan perangkat gadget yang dipakai.

“Penawaran yang disebar itu sangat menarik. Tapi jangan membuka link itu karena smartphone berpotensi disadap, dimasukkan virus secara diam-diam, bahkan data akun dan riwayat penggunaan internet juga bisa ditelusuri,” kata Farhan.

Farhan meyakini bahwa link tersebut dapat mengganggu kenyamanan pengguna gadget dalam jangka panjang.

“Data yang melekat dalam akun media sosial misalnya, bisa saja disadap oleh orang jahat karena terkoneksi dengan smartphone kita,” katanya.

Pada umumnya, lanjut Farhan, penawaran hadiah dari operator seluler diiklankan di berbagai media, bukan hanya lewat short message service (sms).

Link atau alamat domain yang disebarkan pelaku yang tak bertanggungjawab biasa memakai domain tak populer.

“Pelaku penipuan sering menggunakan .co (dotco) bukan .com (dotcom) yang sudah populer,” pungkasnya.