Keindahan Negeri Di Atas Awan

Share:
Foto : wasatha | Fadhil
SEKILAS Takengon di lihat dari sudut pandang budaya yang menjadi ciri khas tersendiri. Saya sendiri merekomendasikan untuk anda dapat berkunjung ke kota ini, selain anda di suguhi dengan keindahan alammnya anda juga akan merasakan berbagai masakan khas kota dingin ini seperti pucuk jipang, pengat Gayo, ikan bakar one-one, lepat Gayo dan masih banyak lagi.

Jika anda ingin liburan ke kota dingin ini, anda pasti merasakan pengalaman yang tak ternilai harganya karena memberikan kepuasan tersendiri buat anda. Untuk mengakses Kota Takengon, anda dapat menempuh waktu 10 jam dari arah Timur yaitu dari Medan, sedangkan dari arah barat atau dari Banda Aceh hanya memakan waktu 8 jam.

Peta kota Takengon

Dataran tinggi menjadi ciri khas tersendiri dari kota ini tempat yang strategis dan sumber daya alam yang melimpah ruah. Takengon juga satu-satunya di Aceh yang memiliki Danau yang indah yaitu "Danau Laut Tawar". Tidak heran jika Takengon menjadi salah satu objek wisata di Aceh yang menyediakan alam yang menakjubkan.

Tidak hanya wisatawan domestik yang mengunjungi keistimewaan kota dingin ini tapi turis asing pun ikut andil didalamnya. Selain itu anda langsung dimanjakan dengan keindahan tebing-tebing dan pengunungan yang mengelilingi Danau ini, sehingga menjadi kepuasan tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya. Di sekitaran Danau ini, anda dapat mengunjungi objek wisata lainnya, seperti Gua Loyang Koro, Gua Putri Pukes, Ujung Paking / Taman Apel, Pante Menye dan objek wisata alam seperti Mengaya Waterfall, Pantan Terong / Mountaint High Land dan banyak lagi.

Aceh tengah terkenal pula dengan kualitas kopinya yang mendunia. Kualitas yang tidak bisa diragukan lagi oleh penikmat kopi diseluruh belahan dunia. Maka tak heran, Takengon dikenal sampai ke luar negeri. Beragam suku budaya telah berkembang di kota dingin ini salah satunya dengan masuknya budaya-budaya dari luar kota Takengon.

Kebun kopi Takengon
Takengon adalah tempat yang paling bagus di gunakan sebagai  bidang perkebunanan, pertanian, perikanan dan perdagangan sehingga Takengon mampu mengekspor hasil sumber alamnya ke berbagai wilayah di Aceh dan Sumatra. Menarik bukan? Seiring perkembangan jaman Takengon telah menjadi kota yang patut dibanggakan sampai saat ini semakin banyak orang yang ingin menggali lebih dalam kebudayaan kota ini. Takengon telah menjadi kota yang berstandar dunia takengon kini telah menjadi kota pariwisata di wilayah Aceh.

Kebun apel di Batu Lintang
Keindahan kota dingin takengon yang di pandang dari singah mata menjadi pusat para wisata yang tidak ingin pulang dari kota ini Takengon terkenal dengan suasananya yang dingin dan pemandangan laut tawar yang mempesona. Udara yang dingin apalagi dimalam hari menjadikan kota ini akan sangat asyik kalau dikunjungi. Keindahan kota dingin takengon yang di pandang dari singah mata menjadi pusat para wisata yang tidak ingin pulang dari kota ini. lampu dari rumah-rumah penduduk nampak berkelip-kelip dari atas bukit. Kota takengon yang paling nampak lampu-lampunya dari atas bukit dengan pemandangan danau laut tawar di pinggirnya.

keindahan kota dingin Takengon di malam hari

[Oleh : Ita Warni, Mahasiswi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komuniaksi, UIN Ar-Raniry BandaAceh]*Dhi