Persiapan Dulu, Baru Mudik

Share:
Foto : Google
LEBARAN Idul Fitri waktu yang paling ditunggu-tunggu bagi umat Islam untuk berkumpul dengan keluarga. Lebaran juga waktu yang sangat tepat untuk meminta maaf dengan keluarga atau orang-orang sekitarnya.

Setelah melewati puasa ramadhan sebulan penuh, tak heran demi menyambut hari kemengan di kampung halaman, berbondong-bondong orang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga.

Sebelum mudik, anda harus melakukan persiapan-persiapan dan pengecekan. Apalagi bagi anda yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, baik itu mobil atau sepeda motor.

Apa saja yang harus anda persiapkan sebelum mudik?

Berikut beberapa langkah agar perjalanan mudik anda terasa aman dan nyaman hingga sampai tujuan:

Pertama, Periksa Kondisi Kendaraan Anda. Periksa dari hal yang terkecil hingga yang paling besar. periksa ban depan belakang, rem, kaca spion, lampu, kopling, oli dan lain sebagainya. Pastikan semuanya dalam kondisi aman.

Kedua, Periksa Tabungan Anda. Periksa tabungan yang anda miliki, jika cukup berarti secara material sudah bisa anda mudik. Jangan sampai hal yang satu ini disepelekan karena budget yang minim bisa mudik, tapi tidak sampai ke rumah, jadi persiapkan budget anda dari jauh hari.

Ketiga, Istirahat Yang Cukup. Usahakan stamina anda stabil, jika tujuan mudik anda jauh, pastikan untuk istirahat yang cukup sebelum mulai berpergian. Perbanyak konsumsi Vitamin atau suplemen penambah tenaga agar tubuh tetap fit. Istirahat yang cukup sebelum berangkat mudik. Hal ini sangat berguna untuk menghindari ngantuk ketika diperjalan.

Keempat, Mengemas Barang. Barang yang anda bawa ketika mudik, pastikan barang tersebut terpakai nantinya. Jika barang yang tidak perlu pun anda bawa, akan menambah berat dan akan susah ketika anda berkendara.


Kelima, Baca Do’a Sebelum Berangkat. Ini adalah langkah yang paling ampuh yang harus anda siapkan. Sebelum anda bergegas pergi, alangkah baiknya jika anda berdo’a terlebih dahulu. Niatkan agar Allah memudahkan perjalanan dan selamat sampai tujuan. [Dhi]

Baca Juga ;