Iklan

Iklan

Jejak Kejayaan Islam di Kota Istanbul

6/02/17, 00:32 WIB Last Updated 2017-06-01T17:32:50Z

Istana Topkapi | Foto : wasatha.com
JIKA ada berkunjung ke Istanbul, Turki jangan lupa menyempatkan berziarah ke beberapa tempat yang pernah menjadi saksi kejayaan Islam di bekas  kekhalifahan Ottoman.

Berada di kota ini, anda akan berdecak kagum menyaksikan betapa Islam mengalami masa keemasan dalam kepemimpinan khalifah Utsmani.
Berikut tempat yang wajib anda kunjung jika berada di Istanbul

Masjid Sultan Ahmet | 
Antara tahun 1609 M hingga 1616 M, Sultan Ahmad I memberikan perintah kepada arsitek handal, Sedefkar Mehmed Aga untuk membangun masjid ini. Pemakaman Sultan Ahmad I pun terdapat di dalam area masjid. Gabungan antara desain Islam dan Byzantium memberikan gaya arsitek yang luar biasa.

Hagia Sophia (Aya Sofya) | Hagia Sophia dibangun oleh Eastern Roman Emperor Justinian I pada 537 M yang menjadi masa kejayaan Romawi. 

Desain Byzantium pada Hagia Sophia adalah terbaik dan menjadi gereja terbesar di dunia selama hampir seribu tahun. Berawal sebagai gereja, lalu berganti menjadi masjid, hingga kahirnya kini berfungsi sebagai museum, Hagia Sophia adalah simbol utama yang bagi kota Istanbul. 

Masjid Suleymaniye | Didesain arsitek handal, Mimar Sinan, pada 1550 M. Selain tempat shalat berjamaah, di area masjid pun terdapat caravanserai (area untuk berjalan kaki), tempat seminar, madrasah, rumah sakit, dapur dan tempat tinggal isteri Sultan Sulaiman yang bernama Roxelane.

Istana Topkapi | Istana Topkapi menjadi tempat tinggal Sultan Mehmed II dan keluarga hingga empat abad kemudian, mulai dari 1465 M hingga 1853 M. 

Istana ini menjadi tempat tinggal lebih dari 4.000 orang. Pada area istanapun terdapat banyak sekali kamar, masjid, aula dan taman.  


Grand Bazaar | Grand Bazaar memiliki 3.000 toko yang dibangun pada 1461 M oleh Sultan Muhammad Al-Fatih dan menjadi pemberhentian terakhir dari jalur sutra. 

Setiap harinya, Grand Bazaar dikunjungi oleh lebih dari 500 ribu konsumen. Hingga kini, lokasi tersebut masih ramai dengan berbagai aktifitas perdagangan. [Sumber: republika.co.id]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jejak Kejayaan Islam di Kota Istanbul

Terkini

Topik Populer

Iklan