Puasa, Mulut Bau! Ini Beberapa Penyebabnya

Share:
Foto : wasatha.com/Dhi
BAU mulut bisa mengurangi percaya diri, malas mengeluarkan kata-kata apalagi yang sedang berpuasa, kadang akan timbul sifat malas tatap muka dengan individu lain bahkan berbicara pun akan malas. Beberapa diantaranya, mungkin anda takut kawan terganggu karena bau mulut yang anda keluarkan atau anda memang tidak nyaman ketika berbicara saat berada pada kondisi tersebut.

Jika menyinggung bau mulut, pasti tidak jauh hubungan dengan puasa, dibulan yang fitrah ini, kebanyakan dari umat muslim yang berpuasa tidak terlalu memperdulikan kondisi mulut setelah makan sahur.

Mulut kering karena puasa, bau mulut sebenarnya hal yang umum, saat bangun tidur di pagi hari. Bau mulut disebabkan karena penurunan produksi air liur saat tidur, karena mulut terus tertutup dalam jangka waktu lama. Karena itulah, air liur memiliki peran yang sangat penting dalam membersihkan dan menyebabkan mulut.

Akumulasi cairan ini membantu dalam proses menelan, yang membantu mulut dalam menyingkirkan sisa-sisa makanan, bakteri dan sel-sel mati. Air liur memiliki potensi untuk membunuh bakteri di dalam mulut. Dengan penurunan produksi ait liur, hal ini dpaat menyebabkan bau mulut.

Jangan heran, puasa juga bisa menyebabkan bua mulut, kurangnya perawatan dan karena pemecahan bahan kimia atau ketoasidosis.

Penyebab lain yang bisa menyebabkan bau mulut tidak hanya disebabkan oleh masalah kesehatan gigi, gusi dan makanan yang berbau menyengat. Namun ada lagi penyebab lain yang bisa menjadi penyebab bau mulut :

Pertama, Xerostomia (mulut kering gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut).

Kedua, Gangguan saluran pencernaan seperti infeksi oleh bakteri H.pylori dan penyakit refluk gastro-esofageal.

Ketiga, Sinusitis yang menghasilkan post nasal drip (aliran cairan kental dari rongga sinur ke tenggorokan).

Keempat, Tidak memelihara kesehatan gigi. Misalnya sikat gigi secara teratur. Perawatan gigi yang buruk dapat menyebabkan penumpukan plak di mulut sehingga membuat gigi anda menjadi rusak.

Keenam, Infeksi saluran pernapasan seperti bronkitis kronis.

Kurang memperhatikan makanan ketika berbuka puasa bisa menjadi penyebab bau mulut, kebiasaan ketika berbuka puasa pasti menyiapkan menu makanan tidak hanya satu jenis.   Kemudian kebiasaan merokok pun bisa menjadi salah satu sebab bau mulut, asap rokok yang di hirup akan masuk ke rongga gigi dan bisa juga menjadi sebab gigi menguning.

Kurang menjaga kebersihan mulut, ini sangat berbahaya. Menjaga kebersihan mulut bisa dikatakan mudah-mudah susah, mulai dari menjaga jenis makanan apa dan setelah makan harus segera kumur-kumur agar sisa makanan tidak lengket di selah-selah gigi, akan semakin bagus jika langsung menyikat gigi.

Selanjutnya ialah diet yang berlebihan, jangan heran diet ini sering dilakukan kaum Hawa, ketika badannya sudah tidak seperti yang di inginkan, maka diet berlebihan adalah solusi bagi mereka, padahal diet bisa menyebabkan kekurangan karbohidrat. [Dhiya]

Baca Juga :

Ramadhan Waktunya Perbanyak Amal Baik