Imam Masjid Al-Aqsha Tiba di Indonesia

Share:
Imam Masjid Al-Aqsha Syaikh Mustafa Mohammed Abdel Rahman Tawil (kanan) tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tengerang, Banten, Ahad, 4 Juni 2017. (Foto: NIA/MINA)
WASATHA.COM - Imam Masji Al-Aqsha Syaikh DR. Mustafa Mohammad Abdel Rahman Tawil tiba di Indonesia pada Ahad (4/6/2017) sore.

Kedatangan Syaikh Mustafa Tawil di Bandara Internasional Soekarno-Hatta disambut oleh Kuasa Usaha ad interim Kedubes Palestina untuk Indonesia Taher Hamad di Jakarta, Ketua Umum Aqsa Working Group (AWG) Agus Sudarmaji dan Nur Ikhwan Abadi yang pernah memimpin pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza.

AWG selaku pihak yang mengundang kedatangan salah satu Imam Al-Aqsha itu adalah lembaga yang fokus memperjuangkan Masjid Al-Aqsha dan Palestina di bawah wadah Jama’ah Muslimin (Hizbullah).

Seperti diberitakan mirajnews.com, bersama ulama yang juga menjabat sebagai salah satu Penasihat Hakim Agung Palestina ini, AWG akan menggelar safari dakwah ke daerah-daerah di Indonesia selama bulan Ramadhan.

Kegiatan yang dikemas dengan tajuk “Silaturahim Ramadhan untuk Ikatan Cinta Indonesia – Palestina” itu akan digelar selama 16 hari (6-22 Juni 2017) dengan mengunjungi sedikitnya delapan provinsi di Nusantara, yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Lampung, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, dan lainnya.

Ketua Umum AWG Agus Sudarmaji menjelaskan, kegiatan utama yang dilakukan dalam kunjungan Imam Masjid Al-Aqsha ke Indonesia ini adalah shalat tarawih bersama umat Islam Indonesia, ceramah Ramadhan, bersilaturahim dengan para tokoh pimpinan pemerintahan (gubernur, walikota, bupati) dan ulama, serta penggalangan dana bantuan kemanusiaan untuk Palestina.

Kehadiran Imam Masjid Al-Aqsha Palestina di Indonesia merupakan salah satu program dakwah yang diinisiasi oleh AWG, lembaga kemanusiaan untuk Palestina, organisasi dalam lingkungan Jama’ah Muslimin (Hizbullah), berkejasama dengan Kedubes Palestina pada Ramadhan ini.

Syaikh Mustafa Mohammad Abdel Rahman Tawil adalah seorang ulama kelahiran Kota Al-Quds, Palestina tahun 1955. Ia beberapa kali ditugaskan sebagai pejabat Ketua Mahkamah Agung Palestina dan Hakim Pengadilan Tinggi Syariah sejak tahun 2006.

Syaikh Mustafa Tawil juga pernah menjabat sebagai Kepala Pengadilan Tinggi Syariah dan Majelis Tinggi Pengadilan Syariah Palestina pada tahun 2015. 

Kini ia menjabat sebagai salah satu Imam Masjid Al-Aqsha sekaligus salah satu penasihat Hakim Agung Pengadilan Syariah Palestina. Ia juga menjabat sebagai Dosen Luar Biasa Fakultas Hukum Universitas Al-Quds Palestina.

Ia tinggal di Lingkungan Gerbang As-Silsilah, dekat Masjidil Aqsha Al-Mubarak, Kota Al-Quds.

Sebelumnya, Jama’ah Muslimin (Hizbullah) juga pernah mengundang Imam Masjid Al-Aqsha Syaikh Ali Omar Yacoub Al-Abbasi beberapa tahun lalu. (sumber: mirajnews.com)