Wanita Wajib Tau, Ini Penutup Aurat Yang di Anjurkan dalam Islam

Share:
Foto Google

ZAMAN yang semakin modern, menuntut banyak remaja mengikuti trend dalam berpakaian. Sebenarnya, dalam Islam wanita cukup berpakaian yang sederhana dan menutup aurat.

Sekarang sudah banyak remaja yang menutup auratnya. Tapi apakah cara menutup aurat mereka sudah benar?

Wanita muslim berbeda pendapat dalam menyebut penutup rambut, seperti Hijab, Jilbab, Khimar dan Kerudung.

Banyak wanita muslim yang masih bingung apa perbedaan nya, bukankah itu sama? Karena semua istilah itu untuk menutup aurat/kepala.

Wanita muslim zaman modern sekarang harus tau apa perbedaan-perbedaan dari kata hijab, jilbab, khimar dan kerudung.

Berikut Perbedaan dari keempat istilah tersebut:

Hijab berasal dari kata hajaban kata lain dari al-hijab adalah benda yang menutupi sesuatu. Hijab menurut Al-Qur’an artinya penutup bisa berupa tirai, kelambu atau lain nya. Memang kata hijab di maksud kan untuk makna jilbab.

Sedangkan jilbab artinya adalah busana muslim terusan panjang yang menutupi seluruh badan kecuali tangan kaki dan wajah atau kata lain jaman sekarang adalah gamis.

Jadi, yang di maksud jilbab itu pakaian yang longgar dijulurkan sampai ke tanah sehingga tidak membentuk lekukan tubuh. Seperti dalam perintah Allah dalam Al-Qur’an surat Al-Ahzab ayat 59: “hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka..”.

Khimar/khumur di dalam Al-Qur’an disebut istilah Khumur sebagaimana terdapat pada surat An Nuur ayat 31: “hendaklah mereka menutup kan khumur (kerudung nya) ke dada nya.”

Khimar menutupi kepala, leher, dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan. Khimar tidak boleh dililit kan ke leher atau di tarik ke atas kepala, karena jika di buat seperti itu akan menampak kan lekukan tubuh.

Khimar biasa juga disebut kerudung padahal artinya khimar dan kerudung berbeda walaupun keduanya hampir sama.

Kerudung tidak di anjurkan dalam islam. Sebab, kerudung cuma sebagai penutup kepala saja. Kerudung hanya menutup kepala saja tidak menutup bagian leher tidak seperti khimar yang anjuran nya yang mampu menutupi dada wanita.

Nah, bagi wanita muslim perlu tau apa perbedaan istilah-istilah tersebut, dan bagi wanita muslim yang masih berpendapat bahwa khimar yang dipakai itu dililitkan atau di bentuk sehingga masih menampakkan lekukan tubuh disebut sudah menutup aurat, maka salah besar karena sudah jelas di dalam Al-Qur’an. Karena, pakaian yang di anjurkan dalam Islam adalah sederhana dan tidak menampakkan lekukan tubuh. Tidak perlu mengikuti trend, cukup mengikuti anjuran Allah SWT maka terhindarlah kita dari fitnah dunia. [Rahmi Ananda]/Tek