Terobsesi dengan Toilet Bersih, Negara ini dijuluki Sebagai Revolusi Toilet

Share:

Foto: Taman Toilet Suwon/gadgetan.com

ISLAM merupakan satu-satunya agama yang mengutamakan kebersihan. Seorang muslim tidak boleh melakukan beberapa ibadah seperti shalat, dan puasa tanpa membersihkan diri dari hadas dan najis. Bahkan ada bab tersendiri yang membahas mengenai ini, yakni bab Taharah.

“Sesungguhnya Allah SWT. Itu baik, Dia menyukai kebaikan. Allah itu bersih, Dia menyukai kebersihan. Allah itu mulia, Dia menyukai kemuliaan. Allah itu dermawan ia menyukai kedermawanan maka bersihkanlah olehmu tempat-tempatmu”. (H.R. at –Tirmizi: 2723)

Rasulullah sangat menganjurkan umatnya untuk menjaga kebersihan. Dapat kita lihat dari banyaknya hadis yang membahas tentang kebersihan.

”Islam itu adalah bersih, maka jadilah kalian orang yang bersih. Sesungguhnya tidak masuk surga kecuali orang-orang yang bersih”. (H.R. Baihaqi)

Sayangnya, beberapa Negara yang mayoritas penduduknya muslim malah dikenal sebagai negara yang jorok. Orang Mesir, terkenal sebagai orang yang senag buang air kecil sembarangan karenanya, kota mesir yang di juluki kota para nabi itu kerap berbau pesing di sana-sini.

Lalu bagaimana dengan indonesia, yang julukannya adalah negara muslim terbesar di dunia saat ini? Apakah sama seperti mesir? Indonesia mungkin tidak separah mesir. Namun hampir-hampir mirip.

Sampai ada anekdot dari sebagian masayarakat untuk mendeteksi toilet umum di Indonesia tidak perlu bertanya, tinggal mengandalkan penciuman. Pasti ketemu. Sebab bau pesing toilet tercium dari jarak jauh. Memalukan bukan?

Lalu dimana negara toilet itu? yang katanya menyediakan toilet berteknologi canggih dan harum? Apakah negara tersebut mayoritas penduduknya muslim? Sayang sekali. Negara toilet itu bukan negara yang mayoritas penduduknya orang muslim.

Negara tersebut adalah Korea Selatan. Mengalahkan Amerika dan Jepang, Korea selatan akan memimpin revolusi toilet di seluruh dunia. Dengan mendirikan World Toilet Association (WTA). Tentu saja ini yang pertama di dunia.

Saat ini Korea Selatan memimpin dunia di bidang teknologi dan sarana toilet. Sebelumnya tidak ada satu pun negara yang pernah menaruh perhatian khusus pada kebersihan toilet umum, sebelum Korea Selatan.


Hampir semua tempat di ibukota Seoul terdapat toilet umum yang bersih, wangi, dan berteknologi tinggi. Bahkan di tempat-tempat elit sudah menggunakan “smartlet” atau toilet pintar. Teknologi ini dapat menyiram khusus untuk membersihkan bagian bawah tubuh manusia setelah BAB atau BAK.Canggih bukan?

Semoga Indonesia belajar sanitasi dari Korea Selatan, agar konsep kebersihan sebahagian dari iman benar-benar dapat diaplikasikan.[Nurhalimah]/Rzk