Ini Perbedaan Antara Hantu, Roh Dan Qarin

Share:


Foto: Google.com

APAKAH hantu itu ada? Jika ada, siapa hantu itu sebenarnya? Benarkah arwah atau roh orang yang meninggal itu masih bisa bergentayangan? Jawabannya akan berbeda, tergantung kepada siapa anda bertanya. Sebagian orang percaya bahwa arwah orang yang meniggal itu masih bergentayangan. Namun hal demikian dalam islam tidaklah benar.

Ada 7 pendapat dalam islam yang menyatakan tentang di mana roh itu berada setelah seseorang meninggal dunia diantaranya, ada pendapat ulama menyatakan bahwa roh orang yang sudah meninggal berada di samping kuburan orang yang meninggal tersebut.

Pendapat ini berdasarkan pada peristiwa isra’ mi’raj Rasulullah SAW. Saat Nabi Muhammad SAW melihat ada orang yang sedang beribadah di samping kuburannya kemudian beliau bertanya kepada malaikat Jibril tentang hal tersebut. Lalu Jibril pun menjelaskan kepada Rasulullah SWA bahwasanya itu ialah arwah orang yang di dalam kuburan tersebut. Walaupun orangnya sudah meniggal, rohnya tetap melanjutkan ibadahnya di samping kuburan.

Kemudian pendapaat lainnya menyatakan bahwa roh orang yang sudah meninggal itu berada di langit, pendapat ini juga mempunyai dasarnya. Dan ada juga yang pendapat bahwa roh orang yang baik itu berada di sumur zam-zam dan roh orang yang jahat berada di sumur Barohut (Yaman) pendapat ini juga berdasarkan pada salah satu hadis Rasulullah SAW.

Itulah beberapa pendapat para ulama mengenai dimana tempat ruh berada setelah kematian. Namun jika ada pertanyaan manakah diantara pendapat di atas yang paling benar? Jawabannya Wallahu’alam, kita tidak tahu yang pastinya dimana ruh itu berada setelah kematian, karena Allah SWT : “Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah : Ruh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi engetahuan melainkan sedikit”. (Q.S.Al Isra - 85).

Perkara ruh adalah urusan Allah, manusia hanya diberikan sedikit sekali ilmu mengenai hal ini. Dalam riwayat, perkara ruh ini pernah ditanyakan oleh Bani Israil kepada Muhammad SAW, sehingga turunlah Firman Allah surah Al Isra menjawab pertanyaan tersebut.

Setelah mengetahui tentang roh tersebut, bagaimana halnya dengan hantu? Pasti kita pernah mendengar, atau mukin sebagian dari kita pernah mengalami melihat sosok hantu yang menyerupai orang yang sudah meninggal. Siapakah sosok tersebut sebenarnya? Itulah yang sering disebut hantu. Akan tetapi pada hakekatnya itu adalah Qarin orang yang sudah meninggal tersebut.

Qarin adalah pendamping seumur hidup manusia yang berasal dari bangsa jin. Qarin adalah kembaran kita yang sudah ada sejak kita ditiupkan roh saat kita dalam kandungan. Sejak kita terlahir, maka qarin pendamping akan lahir juga. Mereka ada ketika manusia lahir ke dunia, namun Qarin akan tetap hidup walau manusia yang didampinginya meninggal.

Tak hanya ciri fisik seperti mata, tinggi badan, dan bentuk tubuh kita yang mirip dengan Qarin, tapi juga sifat & aktivitas kita juga benar-benar mirip, hanya saja mereka tak terlihat karena berasal dari bangsa jin.

Jadi, penampakan orang yang sudah meninggal yang pernah kita lihat selama ini adalah jin Qarin dari orang yang sudah meniggal tersebut. Hal Ini bisa terlihat pada saat kondisi tubuh kita lemah, tidak stabil. Anak kecil juga sering melihat hal-hal demikian, itu dikarenakan kondisi fisik mereka masih lemah dibanding orang dewasa, makanya ada istilah anak indigo dan sebagainya bagi anak yang bisa melihat hal-hal gaib.(Muhammad Rizky/Eva)