Ingin Tubuh Tetap Sehat, Laksanakan puasa!

Share:
Foto Google

BERPUASA merupakan sebuah kewajiban bagi umat islam untuk melaksanakan amal ibadahnya di bulan yang penuh berkah ini yaitu bulan suci  Ramadhan.

Ternyata, berpuasa di bulan yang suci ini, tubuh kita terasa menjadi lebih segar, fit serta adanya stamina yang dapat membuat tubuh kita segar.  

Dengan adanya ibadah puasa tentu dapat kita jalani dengan maksimal sekaligus memberikan manfaat yang maksimal pula bagi diri kita. Selain menjadikan ibadah puasa itu sebagai pahala bagi umat muslim, berpuasa juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia itu sendiri.
Berikut Manfaat Berpuasa Di Bulan Ramadhan
Saat berpuasa, tubuh kita akan meningkatkan pemecahan glukosa, yang dilakukan agar tubuh bisa memperoleh energi. Hal ini dapat mengurangi produksi insulin yang terletak di pankreas, dan glukagon diproduksi untuk memfasilitasi pemecahan glukosa. Dengan demikian puasa berarti bisa mengurangi gula darah.

Karenanya, telah banyak yang berpendapat dari segi ilmiah maupun dari segi agama. Ini dia beberapamanfaat puasa bagi sehatan tubuh. Diantaranya:

Pertama, Mengurangi kadar Gula Darah. Selama berpuasa tubuh kita meningkatkan pemecahan glukosa, yang dilakukan agar tubuh bisa memperoleh energi. Hal ini akan mengurangi produksi insulin yang terletak di pankreas, dan glukagon diproduksi untuk memfasilitasi pemecahan glukosa. Dengan demikian puasa berarti bisa mengurangi gula darah. 

Kedua, Meningkatkan sistem kekebalan. Manfaat puasa salah satunya adalah dapat membuat tubuh lebih sehat dan kebal terhadap penyakit. Kenapa banyak yang bertanya saat puasa kok bisa meningkatkan sistem kekebalan?

Penjelasannya seperti ini, Karna saat berpuasa, tubuh mengalami peningkatan limfosit, bahkan hingga 10 kali lipat. Tentu hal ini akan sangat baik bagi tubuh sehingga tubuh lebih kuat (strong) dari serangan virus.

Ketiga, Mengurangi Kegemukan. Manfaat selanjutnya sangat bagus untuk yang sedang diet secara ilmiah.

Berpuasa juga membantu orang untuk penurunan berat badan. Dengan berpuasa usus-usus didalam perut akan lebih bersih dari sisa-sisa endapan makanan, Endapan makanan inilah yang menjadi kelebihan akan  lemak diperut. Selain itu, berpuasa juga memperbaiki sistem pencernaan kita, sehingga sirkulasi makanan dan buang air menjadi lebih lancar.

Keempat, Menetralkan racun. Selain bisa terhindar dari kebiasaan buruk, ada juga yang mungkin kalian belum pada tahu? yaitu menetralkan racun. Karnanya selama berpuasa tubuh akan melakukan detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari sistem percenaan.

Kelima, Menjaga kesehatan Jantung & Pembuluh Darah. Sakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kebanyakan orang didunia, apalagi yang para pecandu rokok yang meningkat di Indonesia dengan jumlah yang terus makin meningkat tiap tahunnya, ini adalah ancaman nyata bukan ilusi apalagi imajinasi.

Alhamdulillah untungnya, berpuasa memiliki dampak yang sangat baik bagi jantung, ketika berpuasa, tubuh kita ternyata melakukan peningkatan HDL (High-density lipoprotein) kolesterol baik yang membantu menjaga dan penurunan LDL (Low-density lipoprotein) menyumbat dinding arteri, yang ternyata hal tersebut merupakan hal yang sehat bagi jantung dan pembuluh darah.

Keenam, Pikiran Jadi Tajam & Kreatif. Puasa juga membantu pikiran menjadi lebih Fresh dan jangan kaget juga bisa melambat, kenapa melambat inilah menurut penelitian. Ternyata pikiran yang melambat ini membuatnya justru bekerja lebih tajam. Selain itu masalah rasa lapar adalah masalah yang terjadi dikehidupan sehingga wajar jika rasa lapar memaksa kita untuk berpikiran lebih tajam dan kreatif.

Itulah beberapa manfaat dari berpuasa, semoga buat kamu yang sedang berpuasa selalu mendapatkan manfaat dengan berpuasa dan semoga puasa yang sedang kamu jalani berfaedah dan memiliki makna sehingga puasa yang kamu jalani tidak sia-sia.


Ayo, sebagai umat muslim jangan lupa untuk berpuasa sehingga akan mendapatkan manfaatnya. [M.Rinaldi]/Tek


Baca Juga :

Ternyata Ini Amalan Yang Utama Dikerjakan di Bulan Ramadhan