Bukit Teletubbies Pindah Ke Gayo?

Share:
Foto: Gooogle

MASIH ingatkah dengan bukit pada film teletubbies? Ya, bukit dengan jumlah yang banyak dengan permukaan rumput yang hijau, dan sangat nyaman dipandang mata. Namun, tahukah bahwa sat ini kita tidak perlu berandai-andai untuk bisa kebukit itu, karena di Aceh sendiri terdapat destinasi wisata yang lokasi dan tempatnya menyerupai bukit teletubbies. Tepatnya di kabupaten Gayo Lues.

Nah, kabupaten Gayo Lues sendiri merupakan salah satu daerah yang terletah di provinsi Aceh.orang-orang bisa menyebut kabupaten ini dengan sebutan negeri seribu bukit. Mengapa demikian? Ternyata ini rahasianya.

Tanah Gayo adalah suatu daerah yang terletak di tengah-tengah propinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Gayo merupakan daerah sentral bagi daerah-daerah sekitarnya seperti Aceh Utara, Aceh Barat, Pidie, Aceh Timur dan Sumatera Utara. Dan apa yang membuat daerah gayo dikatakan dengan daerah seribu bukit? Ternyata karena letaknya di tengah-tengah pegunungan daerah Aceh yang membujur dari utara ke bagian tenggara sepanjang bukit barisan bagian ujung pulau Sumatera.

“Bur Reko” julukan untuk bukit teletubbies gayo ini. Yang mana dataran tinggi Reko merupakan salah satu dataran tinggi yang berada di gugusan perbukitan taman nasional gunung Lauser Kabupaten Gayo Lues kKecamatan Dabun Gelang. Reko merupakan salah satu tempat wisata yang belum banyak diketahui oleh masyarakat khususnya dan umumnya di luar daerah Gayo Lues. Letaknya yang tak begitu jauh dari ibu kota Gayo Lues  sekitar lebih kurang 1 jam, kita dapat menikmati pesona gugusan padang ilalang yang memanjakan  mata.

Dan Reko ini adalah tanah yang subur di lereng perbukitan di gayo lues, tanah nya sangat subur ini menjadi perkebunan warga gayo lues,dan tidak kalah tanaman nya dengan kabupaten-kabupaten lain nya di daerah Aceh. Tanahnya gembur tanaman apa pun baik untuk  ditanam, seperti tanaman kopi,tanaman cabe, tanaman coklat dan tanaman pisang, jeruk purut, jeruk nipis, tembakau dan sayur sayuran.


Dari perkebunan Reko ini semua nampak perkampungan di seputaran kota Blangkejeren. Mulai dari kota Blangkejeren sampai kota panjang kelihatan membentang berderetan rumah warga yang tersusun rapi bagaikan miniatur kecil terlihat dari atas bukit. (Annike Putri/Eva)