Warek III UIN Yogyakarta: Aceh Harus Mengembalikan Kejayaan Masa Lalu

Share:
(Foto: Tribunnews)
GENERASI Aceh harus mempertahan dan mengembalikan sejarah dan kejayaan tanah Serambi Mekkah di masa lalu. Begitu banyak para ilmuan hebat lahir dari Aceh dahulu, dan sekarang Aceh harus mampu mengembalikan semua itu.

Hal ini disampaikan Wakil Rektor III UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag saat ditemui secara khusus oleh Wasatha.com di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi usai memberikan materinya pada seminar nasional yang diadakan fakultas setempat, Sabtu (29/4/2017).


Ia mengungkapkan, generasi Aceh hari ini seperti redup akan karya sebagaimana para cendikia-cendikia dahulu yang pernah berjaya dan membesarkan nama Aceh.

"Dahulu Aceh memiliki orang-orang hebat seperti, Syekh Nuruddin Ar-Raniry, Syiah Kuala dan banyak cendikia lain lahir dari Aceh dengan karya-karya mereka yang luar biasa. Generasi Aceh saat ini harus bisa mengembalikan kejayaan itu," kata Warek III UIN Sunan Kalijaga itu.

Kemudian, lanjutnya. Jika melihat kondisi Aceh saat ini, memang nilai-nilai Syariat Islam di Aceh sudah sangat teraktualisasi dari sikap dan tingkah laku masyarakatnya. Menurutnya hal ini harus dipertahankan agar menjadi tauladan kepada daerah-daerah lainnya di Indonesia.

"Yang paling saya senang dari Aceh saat ini adalah keamanan yang sudah betul-betul kondusif. Saya berharap generasi Aceh mampu menjaga semua ini agar ketentraman dan kenyamanan selamanya dapat kita rasakan," ujar Waryono.[Sara Masroni]