Iklan

Iklan

Aksi Politik Nasional, Miliki Dampak Bagi Aceh?

4/27/22, 10:37 WIB Last Updated 2022-04-27T03:37:50Z

Dosen Kebijakan Publik Universitas UIN Ar-Raniry, Eka Januar Rabu (27/4/2022)


WASATHA.COM,
Banda Aceh - Dosen Kebijakan Publik Universitas UIN Ar-Raniry, Eka Januar, menilai aksi-aksi politik nasional di Jakarta memiliki dampak bagi Aceh. “Aksi-aksi politik di nasional, memiliki dampak bagi Aceh. Dampak bagi Aceh memang kecil. Tapi sebagai daerah yang pernah mengalami konflik dan tsunami. Maka dapat dikatagori masalah besar” Ujar Eka Januar dari diskusi publik yang diselenggarakan Hurriah Foundation, Selasa (26/4) di Banda Aceh.

 

Menurut Eka Januar, Aceh memiliki masalah dirinya yang belum selesai, seperti pengangguran, kemiskinan dan masalah ekonomin yang terus merosot. Ditambah dengan masalah nasional seperti  naiknya harga bahan pokok makin memperparah situasi masyarakat Aceh. Di Aceh, minyak goreng langka, gas subsidi hilang di pangkalan, tapi di toko-toko tersedia dengan harga yang melambung hampir dua kali lipat.

 

“Seharusnya pemerintah dapat mengontrol bahan pokok dan harga yang sesuai dengan ekonomi masyarakat. Pemerintah perlu melakukan evaluasi terhadap kebijakannya dalam situasi daya beli masyarakat yang rendah saat ini.”Ujar Eka Januar

 

Eka menambahkan bahwa terdapat masalah klasik atas kenaikan bahan pokok, dan BBM di Indonesia, yaitu tidak di sosialisakan dengan baik. Seharusnya pemerintah harus melakukan sosialisasi kenaikan bahan pokok dan BBM secara bijak. Namun yang terjadi adalah kelangkaan bahan pokok, akibatnya ibu-ibu berjejeran antri minyak goreng dan bapak-bapak antri BBM di setiap SPBU di seluruh Indonesia.

 

“Pemerintah harus melihat masalah-masalah di masyarakat untuk kebaikan masyarakatnya. Kalau misalanya kenaikan BBM itu terpaksa harus dilakukan. Maka yang harus dilakukan dengan kebijaksaan dan rasa empati. Jangan membiarkan masyarakat hidup dengan sendirinya, menyelesaikan persoalannya dengan mandiri. Permasalahan ini harus dilakukan bersama rakyat dan elit negeri juga harus saling peduli terhadap persoalan bangsa.”Tutup Eka Januar.

 

Diskusi publik tersebut juga dihadiri oleh narsum lainnya seperti Sayuti M Nur dari partai Golkar dan Dr Jalaluddin, Wakil Rektor Universitas Serambi Mekkah. []

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Aksi Politik Nasional, Miliki Dampak Bagi Aceh?

Terkini

Topik Populer

Iklan