Iklan

Iklan

Ratusan Manuskrip Aceh Dikonservasi oleh Tim Pusat Preservasi Naskah Kuno Perpusnas RI

Mabrur Muhammad
3/27/21, 22:49 WIB Last Updated 2021-03-27T15:49:42Z

WASATHA.COM, Banda Aceh - Sebanyak 150 manuskrip Aceh milik kolektor Aceh, Tarmizi Abdul Hamid dikonservasi oleh Tim Pusat Preservasi Naskah Kuno dan Alih Media Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI untuk pemanfaatannya bagi keilmuan Nusantara.


Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari, mulai 22 hingga 24 Maret 2021 di kediaman Tarmizi Rumoh Manuskrip Aceh, Jln Seroja No.8A gampong Ie Masen Kayee Adang Banda Aceh. 


Salah seorang tim Pustakawan Ahli dan Preservasi Naskah Kuno Perpusnas RI, Leni Sudiarti, S. Si menjelaskan, Perpusnas memiliki kewajiban untuk melestarikan manuskrip yang ada di Nusantara khususnya manuskrip asli.


Menurut Leni, banyak manuskrip di Nusantara memiliki keasliannya terutama Aceh. 


Untuk itu pihaknya melaksanakan program pemetaan naskah atau manuskrip Nusantara. Manuskrip yang akan diperbaiki terlebih dahulu dilakukan pemetaan. 


Salah satu yang sudah didata dalam peta naskah Nusantara adalah Rumoh Manuskrip Aceh milik Tarmizi Abdul Hamid.


"Maka tahun ini kami diamanahkan untuk melakukan konservasi di Rumoh Manuskrip Aceh," katanya.


Adapun proses kegiatan perbaikan manuskrip yang dilakukan kata Leni, meliputi perbaikan fisik naskah dengan membersihkan seluruh lembaran naskah disemprot dengan bahan anti jamur dan noda kemudian dikeringkan, lalu ditambal sambung karena mengalami kerusakan yang parah.


Kemudian dilanjutkan ke proses penjilidan serta dimasukkan ke cover box sesuai ukuran naskah itu sendiri, dimana cover box telah diberi sampul dengan menggunakan berbagai bahan khusus yang semua ini didatangkan dari luar negeri. 


Berdasarkan kerusakan yang ditemukan, Leni mengungkapkan, naskah kuno milik Tarmizi ada yang rusak berlubang-lubang atau robek karena usang ditelan usia ratusan tahun dan juga disebabkan oleh jamur.


"Dari kerusakan yang kita lihat, kita putuskan untuk dilakukan perbaikan fisik, ada yang ditambal, dijilid kembali sampai dibuatkan kotak penyimpanan," ujarnya.


Cek Midi sapaan Tarmizi Abdul Hamid menjelaskan, pelestarian manuskrip seperti ini sangat penting dilakukan agar buah karya guratan pena ulama lintas zaman ini tetap utuh sepanjang masa. 


Yang dimaksudkan dengan ulama lintas zaman kata Cek Midi, yaitu walau leluhur orang Aceh sudah dipanggil oleh Allah 400 tahun yang silam, namun karya monumental dan masterpiece mereka tetap melambung tinggi seantero nusantara bahkan dunia. 


Nama dan karya intelektual islam Aceh ini hingga kini selalu menjadi referensi keilmuan yang telah digoreskan pada kertas-kertas yang dipesan khusus dari tanah Eropa pada era puncak Gilang-gemilang Aceh Darussalam pada eranya.


"Begitulah alasan saya sendiri memberi motto Manuskrip Aceh ini sebagai Pelita Yang Tidak Pernah Padam," katanya.


Oleh sebab itu lanjut Cek Midi, dirinya terpanggil jiwa untuk menyelamatkan warisan khazanah yang sangat mulia itu dari bentuk rasa tanggung jawab sebagai putra Aceh untuk memberikan bukti otentik kepada siapapun bahwa Aceh negeri dibawah angin yang melekat status sebagai daerah berperadaban yang sangat tinggi.


Meskipun Cek Midi secara keilmuan berbeda dengan apa yang ia lakukan hari ini, karena cek Midi hanya seorang lulusan sarjana agribisnis ilmu pertanian, namun hal tersebut tidak dapat dipungkiri jika sejarah dan peradaban ini menjadi tanggung jawab oleh semua pihak apapun latar belakang dan profesi pekerjaannya.


Cek Midi menceritakan, salah satu alasan dan niat yang terbesit untuk menyelamatkan naskah kuno Aceh itu penting dilakukan, ketika dirinya menemukan khazanah keilmuan ini banyak tersimpan di museum-museum dan perpustakaan terkenal di luar negeri. 

Karya-karya buah pena indatu Aceh disimpan ditempat ini dengan pengamanan yang sangat ketat, begitu cara orang asing menghargai sebuah karya yang sudah menjadi artefak sejarah walau bukan buyut atau indatunya.  


"Saya banyak menemukan manuskrip atau naskah kuno itu berasal dari Aceh dan banyak ditulis dari ulama-ulama kita terdahulu," katanya.


Ia juga menuturkan, pengumpulan manuskrip Aceh sudah dilakoninya sejak tahun 1995 namun pada tahun 2004 beberapa manuskrip hilang karena bencana alam yakni tsunami. 


Akan tetapi bencana tersebut tak menyurutkan niatnya untuk mengumpulkan dan merawat kembali naskah kuno Aceh hingga berlangsung saat ini. 


Manuskrip yang dimilikinya ada yang ditempatkan di pameran dunia melayu Islam termasuk Brunei Darussalam. 


Kebanyakan manuskrip yang ia dapat banyak berasal dari Aceh Besar, karena Aceh Besar merupakan tuan rumah dari kerajaan Aceh Darussalam, dan orang-orang terdahulu banyak menyimpan manuskrip di rumah-rumah dalam keadaan yang tidak terjaga dan terbengkalai.


Kemudian ada yang dibawa pulang dari luar negeri, dan pemberian dari orang Aceh sendirian yang tinggal di luar Aceh.


"Maka kita kumpulkan dan bersihkan kembali manuskrip ini agar menjadi ilmu pengetahuan bagi cucu kita nantinya," katanya.


Ratusan manuskrip yang dikumpulkan oleh Cek Midi untuk direstorasi ada yang berupa mushaf Quran, tafsir, ilmu fiqih, tasawuf, astronomi, ibadah, doa-doa, syair, nazam dan teknik-teknik pengobatan masa lampau, semua terangkum dalam khazanah ilmu pengetahuan.


"Sampai sekarang manuskrip yang kita kumpulkan masih seperti tahun-tahun yang lalu, berkisar ratusan, tidak ada tambahan koleksi lagi," katanya.


Sementara itu Syukri Rizki, filolog Aceh mengemukakan, pelestarian atau konservasi manuskrip di luar negeri dimulai dari pengoleksian yakni dengan membelinya ataupun dengan hibah dan membayar penyalin.


Manuskrip yang sudah didapatkan kemudian disimpan ditempat yang terjaga, baik terjaga kualitas suhu kelembabannya, tempat penyimpanannya yang bebas dari rayap dan serangga.


Metode pengkajian manuskrip itu sendiri kata Syukri, terlebih dahulu dilakukan inventarisasi yang sangat detail, kemudian dilakukan katalogisasi seperti deskripsi singkat mengenai fisik dan konten yang dikandung dalam manuskrip, selanjutnya katalog inilah yang menjadi rujukan utama bagi siapa yang ingin mencari manuskrip tertentu berdasarkan kode.


"Para perawat manuskrip Eropa memiliki fasilitas yang sangat canggih dan lengkap dari sisi penjagaan maupun SDM yang mumpuni di bidangnya. Mereka banyak memiliki profesor, para ahli kemudian memberi beasiswa kepada dunia Asia Tenggara misalnya untuk melakukan penelitian mengakses manuskrip-manuskrip yang belum disunting, dibaca atau dalam hitungan masih baru," kata Syukri yang juga lulusan Goethe University Frankfurt, Jerman itu.


Syukri melanjutkan, jika dibandingkan di Indonesia, banyak manuskrip yang terbengkalai hanya dikumpulkan saja lantaran dengan alasan untuk menghargai manuskrip itu sebagai benda pusaka sebuah warisan tanpa ingin mengetahui kontennya.


Sehingga yang terjadi adalah adalah  tidak disimpan pada tempat yang layak, terkena air hujan, embun, kelembaban yang menyebabkan kualitas kertas menjadi rusak dan membuat tinta tulisannya menjadi pendar atau tidak tepat untuk dibaca lagi.


"Kita masih sangat kurang dalam hal penjagaan fisik maupun pengkajian konten, sedangkan kampus-kampus dan pusat penelitian barat mereka menyiapkan segalanya, baik itu fasilitas fisik, penjagaannya, anggaran dana untuk mengoleksinya hingga para pengkajinya," tutur Syukri.


Selama Pelestarian Manuskrip Aceh berlangsung hadir beberapa instansi dan stakeholder pemerintahan yang juga ikut melihat langsung proses konservasi manuskrip baik dari tingkat kota maupun provinsi diantaranya, Ketua DPRK Banda Aceh, Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Aceh, Pegiat Sejarah, LSM, para mahasiswa dan masyarakat serta jurnalis baik lokal maupun nasional yang ikut meliput kegiatan penyelamatan naskah kuno milik peradaban.


Pada akhir sesi kegiatan, Cek Midi menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi sedalam-dalamnya kepada tim yang telah bekerja keras untuk capaian target merawat dan melestarikan manuskrip miliknya sekaligus  menjaga literasi untuk pemanfaatan keilmuan Nusantara itu khususnya Aceh.


"Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih atas ketulusan hati para pahlawan musafir dari Pusat Preservasi pengobatan naskah kuno Perpusnas RI," ujarnya.


Cek Midi atas nama lembaga, pribadi dan keluarga juga meminta maaf yang tak terhingga, bila ada yang tidak berkenan selama bersama dalam melaksanakan amanah tersebut, tentunya tidak memiliki kemampuan untuk membalas budi baik, keikhlasan dan ketulusan para Tim pakar preservasi dari Perpusnas RI.


"Hanya Allah yang bisa membalas setimpal nya. Tim yang telah menyelesaikan pelestarian manuskrip di Rumoh Manuskrip Aceh sampai beberapa hari, sehingga mendapat rahmat dari Allah Swt. Semoga kegiatan ini tidak berakhir disini saja tapi dapat berjumpa kali dalam kegiatan-kegiatan berikutnya," tuturnya.[]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ratusan Manuskrip Aceh Dikonservasi oleh Tim Pusat Preservasi Naskah Kuno Perpusnas RI

Terkini

Topik Populer

Iklan