INH

Iklan

Iklan

Mengenal Prof Asna Husin

1/23/21, 09:19 WIB Last Updated 2021-01-23T02:19:03Z

 



WASATHA.COM, BANDA ACEH -  Asna Husin resmi ditetapkan sebagai profesor Filsafat Pendidikan bagi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Univeristas Islam Negeri Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh.


Penetapannya sebagai Guru Besar tertuang dalam SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 1190/MPK/KP/2021, terhitung sejak 1 Desember 2020.


Asna adalah Alumni S-1 Jurusan Bahasa Arab IAIN Ar-Raniry. Ia memperoleh gelar  Master of Art (MA) dari Harvard University, dan PhD dari Columbia University, Amerika Serikat.


Profesor Asna Husin telah mengajar Filsafat Pendidikan sejak menjadi asisten dosen bagi almarhun Profesor Ibrahim Husein pada 1986. 


Mengajar FP, bagi Asna Husin bukan hanya dari perspektif filsafat Barat tetapi juga dari dimensi filsafat Islam dan tasawuf, Asna Husin memperkenalkan kepada mahasiswa Islamic high culture (budaya tinggi Islam) dan esensi ilmu dalam Islam. 


Melalui mata kuliah ini Asna Husin juga menekankan peran al-Quran bagi kelahiran berbagai cabang ilmu pengetahuan dalam peradaban Islam.


Lahir dari keluarga terdidik, dengan sejumlah dosen dalam keluarganya, termasuk suami Profesor Karim D. Crow (ahli sejarah intelektual Islam) dan almarhum abangnya Ir. M. Nur Husin, Ketua Jurusan Mesin pertama Fakultas Teknik, Univeristas Syiah Kuala.


Asna Husin selain sebagai dosen UIN Ar-Raniry saat ini juga menjadi Research Scholar di the McLean Center for the Study of Culture and Values, Catholic University of America, Washington DC, Amerika Serikat.


"Menurut saya menjadi dosen itu cukup menyenangkan karena mengajar dan riset mendorong kita untuk terus belajar dan berbakti, terlibat dalam pewarisan budaya dan pencerahan generasi masa depan," katanya


Mantan Ketua Kohati Cabang Banda Aceh, Asna Husin telah mendirikan Program Pendidikan Damai bekerja sama dengan MPU, Dinas Pendidikan, Kanwil Departemen Agama dan Nonviolence International Washington DC.


Ia juga memberi training tentang pendidikan perdamaian kepada lebih 100.000 murid sekolah menengah atas dan dayah dari tahun 2000 hingga 2011.


Profesor Asna Husin saat ini sedang menyelesaikan risetnya tentang “Indonesian Muslims in America” dan “Desakralisasi Ilmu Pengetahuan dan Pengaruhnya bagi Peradaban Islam.”


Asna Husin yang dilahirkan di Keureumbok, Kembang Tanjung, Pidie, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor UIN Ar-Raniry, Dekan Tarbiyah, Ketua Jurusan Bahasa Arab, para dosen dan mahasiswa serta keluarga yang selama ini terus memberi dorongan dan doa.


"Mohon didoakan terus untuk selalu ikhlas mengabdi, diberikan ilmu bermanfaat dan berkah dalam hidup," pungkasnya.[]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mengenal Prof Asna Husin

Terkini

Topik Populer

Iklan