Iklan

Iklan

Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry Gelar Webinar Literasi Mahasiswa

9/21/20, 08:59 WIB Last Updated 2020-09-21T01:59:48Z

WASATHA.COM, Darussalam - Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry telah menyelenggarakan Webinar Literasi Mahasiswa yang berlangsung secara virtual selama dua jam pada Minggu (20/09/2020).


Kegiatan yang diselenggara oleh DEMA-F Psikologi ini mengusung tema “KUPAS TUNTAS DUNIA PENULISAN: Dari Hobi Menjadi Karir”. Kegiatan ini ditujukan tidak hanya kepada mahasiswa Fakultas Psikologi sahaja namun kepada seluruh mahasiswa dan masyarakat awam yang tertarik dalam bidang literasi terutama dunia kepenulisan dan bercita-cita mengembangkan karir dalam bidang menulis. 


Diskusi selama kurang lebih dua jam di Zoom Meeting ini telah menghadirkan tiga orang pembicara yang berkompeten dibidang kepenulisan di Indonesia, yaitu Fitrah Ilhami, selaku penulis buku Best Seller dan buku serial anak. Fardelyn Hacky, selaku editor Unsyiah Press, dan Sara masroni yang sedang bergiat aktif dalam dunia media redaksi (redaktur).


Rizki Prahmana, Ketua Umum DEMA Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan minat menulis dalam kalangan mahasiswa khususnya dan masyarakat awam pada umumnya. 


“saya pernah mendengar kata pepatah bahwa pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang berbayar. Oleh itu bagi kita yang senang menulis, seharusnya bisa menghasilkan pemasukan dari dunia kepenulisan juga.” Ujarnya.


Ketiga pembicara menyampaikan materi terkait bidang kepenulisan yang lebih luas sekaligus membangkit motivasi peserta agar tetap konsisten menulis demi mencipta karir dibidang kepenulisan. Menurut penulis novel best seller, Fitrah Ilhami, menulis memerlukan motivasi yang kuat, sehingga ia menjadi pekerjaan yang lama dan teliti.


“pembaca yang baik, belum tentu jadi penulis. Tetapi penulis yang baik sudah tentu banyak membaca.” Tambah beliau.


Kemudian, Sara Masroni dalam closing statement-nya menyarankan agar semua peserta kembali menanyakan pada diri sendiri tujuan menulis pada awalnya dan jadikan tujuan itu sebagai landasan awal untuk mengembangkan karir di dunia kepenulisan.


Pihak DEMA Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry berharap dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa dapat mengembangkan lagi minat dalam menulis dan berkarya terutama untuk mengisi waktu dengan hal bermanfaat semasa pandemi Covid ini.[]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry Gelar Webinar Literasi Mahasiswa

Terkini

Topik Populer

Iklan