Iklan

Iklan

Kebun Kurma Aceh, Wisata Alam Keluarga

8/25/20, 14:49 WIB Last Updated 2020-08-25T07:49:09Z

 

Foto: Cut Maulida

Setelah beberapa bulan ditutup karena pandemic covid 19, kini wisatawan dapat kembali menikmati serunya berkeliling di kebun kurma terbesar Aceh, kebun kurma seluas 18 hektare terletak di lembah berbate, Blang Bintang, Aceh Besar ini sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga.


Sebelum mengenal lebih jauh, mari kita berkenalan terlebih dulu dengan pemilik kebun kurma yang akhir akhir ini viral, ialah Mahdi seorang mantan kepala Bank Indonesia (BI) di Pekanbaru yang mulai giat berkebun pada tahun 2015 dengan cara membersihkan 20 hektare lahan milik pemerintah. 


Tanah tersebut semula lahan mati yang terlihat tandus juga gersang, setelah dibersihkan dengan menggunakan alat berat kebun disulap di ditanami bibit pohon barhee dari Inggris.


“Satu bibit kurma ini Rp 700.000 perbatang, di tanam dengan jarak delapan hingga 10 meter dan merawatnya sama saja seperti merawat tanaman pada umumnya seperti diberi pupuk organik, di Indonesia kurma tetap dapat berbuah dengan syarat bibit yang digunakan harus bibit betina dan jantannya sebagai penyerbuk” jelas laki-laki yang pernah bekerja sebagai bankir selama 25 tahun ini.


Mahdi telah beberapa kali menelesuri perkebunan kurma di sejumlah negara seperti Arab, Thailand, Turki, dan Uni Emirat. Kurma sering disebutkan dalam Al-Qur’an hingga tekadnya mengelola kebun kurma semakin besar.


Sobat Wasatha, ditangan Mahdi dan rekannya tanaman yang subur di gurun pasir seperti Negara Arab Saudi ini kini bisa dinikmati langsung di Aceh. 


Ribuan pohon kurma telah subur disana bahkan sudah dipanen.

Ragam fasilitas dapat anda nikmati disana, seperti tempat memanah berkuda dan berkeliling kebun kurma dengan menggunakan ATV. 


“Meski sedang pandemic, kita tetap memakai masker saat berkunjung kesana, saat foto maskernya dibuka sebentar, kita seru-seruan bareng teman mengelilingi ATV,” ujar Cut Maulida salah satu pengujung.


Untuk menuju lokasi tidak ada medan tempur yang sulit, motor maupun mobil mudah terakses saat kesana, namun anda suit menemukan jaringan Telepon.


Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi dengan pesona asri alam. 


Untuk menikmati fasilitas seperti naik kuda dan memanah anda harus menyiapkan uang sebesar Rp 25.000. 


Saat ingin keliling kebun kurma menggunakan ATV anda cukup membayar sebesar Rp 30.000 untuk dua kali putaran. [ ]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kebun Kurma Aceh, Wisata Alam Keluarga

Terkini

Topik Populer

Iklan