-->

Iklan

Iklan

Dosen FDK Ikuti Pelatihan Manajemen Kelas Daring

7/09/20, 10:35 WIB Last Updated 2020-07-09T10:33:51Z

WASATHA.COM, BANDA ACEH Sebanyak 50 lebih dosen pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Kamis (9/7) mengikuti pelatihan penguatan proses kuliah daring untuk pelaksanaan pengajaran semester ganjil tahun ajaran 2020-2021.

Pelatihan yang dilaksanan di Laboratorium Komputer ICT Center UIN Ar-Raniry dipandu oleh Kepala ICT UIN Ar-RaniryGhufran Ibnu Yasa, ST., MT. Para peserta dibekali cara memanaj kelas online melalui Google Class Room. 

Pengelolaan kelas online pada masa pandemi Covid-19 diarahkan untuk lebih familier dengan mahasiswa dan mendapat respons aktif dari peserta kuliah daring yang sedang berjalan.

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Dakwah Komunikasi UIN Ar-Raniry, Yusri  M Lis mengatakan, pelatihan tersebut dimaksudkan untuk lebih mengoptimalkan proses kuliah daring saat ini. Sebab, kata Yusri, meski sudah banyak yang melakukan kuliah online namun masih terdapat beberapa kendala teknis, seperti pengelolaan akun dan hambatan lainnya.

"Ke depan tentu tidak ada lagi keluhan dari dosen atau tidak sejalan dengan yang sudah dikendalikan fakultas secara keseluruhan," katanya.

Yusri menyebutkan semester lalu masih belum maksimal proses kuliah daring, masih terdapat perbedaan platform kelas yang diinisiasi dosen.

"Semester ini semua sudah harus terkordinasi dengan baik dan termanaje. Bagian akademik akan melakukan kontrol rutin pada proses kelas daring berjalan," ujarnya.

Sesuai peraturan yang telah dikeluarkan Rektor UIN Ar-Raniry, proses kelas daring akan ditempuh dengan model synchronous dengan bobot 20 persen dan asynchronous dengan bobot 80 persen. 

"Artinya tatap muka langsung via daring dimaksimalkan mencapai bobot 20 persen, Misal dosen bisa konferensi langsung via zoom atau apliksi lainnya. Ini juga tidak akan memberatkan mahasiswa yang selama ini mengeluhkan membengkaknya pemakaian data internet dan ketiadaan jaringan di kawasan terpencil," tambah Yusri

Pelatihan tersebut dibagi menjadi tiga sesi hingga Kamis sore dan dikendalikan bagian Akademik Fakultas Dakwah dan Komunikasi. ]

 

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dosen FDK Ikuti Pelatihan Manajemen Kelas Daring

Terkini

Topik Populer

Iklan